Breaking News:

Nokia Dipilih NASA untuk Membangun Jaringan Seluler di Bulan, Pembangunan Dimulai pada Akhir 2022

Nokia dipilih NASA untuk membangun jaringan seluler petama di Bulan. Pembangunan jaringan seluler 4G rencananya akan dimulai akhir 2022 mendatang.

Penulis: Rica Agustina
Editor: Tiara Shelavie
Freepik
Ilustrasi Bulan - Nokia dipilih NASA untuk membangun jaringan seluler petama di Bulan. Pembangunan jaringan seluler 4G rencananya akan dimulai akhir 2022 mendatang. 

TRIBUNNEWS.COM - Produsen peralatan telekomunikasi, Nokia Corporation telah dipilih Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) untuk membangun jaringan seluler pertama di Bulan.

Dilansir Channel News Asia, hal itu disampaikan oleh pihak perusahaan asal Finlandia tersebut pada Senin (19/10/2020) kemarin.

Nokia mengatakan, sistem komunikasi broadband nirkabel pertama di luar angkasa akan dibangun di permukaan Bulan mulai akhir 2022 mendatang.

Dalam pembangunan jaringan seluler, Nokia menjalin kerjasama dengan perusahaan desain pesawat ruang angkasa swasta yang berbasis di Texas, Intuitive Machines.

Perusahaan tersebut nantinya bertugas mengirimkan berbagai peralatan yang dibutuhkan ke Bulan.

Di mana peralatan-peralatan yang digunakan tentunya dalam bentuk yang sesuai standar untuk memenuhi batasan ukuran, berat dan daya dari muatan ruang angkasa.

Baca juga: Astronot NASA Ini Jelaskan Cara Mereka Buang Air Besar di Luar Angkasa

Baca juga: Punya Berat 45 Kg, Toilet untuk Astronaut Wanita NASA Harganya 342 Triliun

Sementara itu, rencananya, Nokia akan membangun sistem jaringan seluler 4G/LTE terlebih dahulu.

Pembangunan jaringan seluler 4G dipilih karena Nokia mengejar kuantitas, di mana jaringan tersebut lebih dikenal dengan keandalan yang telah terbukti.

Meski demikian, Nokia juga memiliki rencana untuk beralih ke jaringan seluler penerus 4G, yakni 5G.

Adapun pembangunan jaringan seluler tersebut diharapkan dapat memberikan kemampuan komunikasi suara dan video bagi astronot.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved