Breaking News:

Remote Working dan Jadwal Kerja Fleksibel Akan Jadi Norma Baru di Operasional Bisnis

Budaya remote working dan jadwal kerja yang fleksibel akan menjadi norma baru dalam operasional bisnis perusahaan.

IST
Tampilan dasbor platform digital Mekari Flex untuk mendukung remote working karyawan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat adopsi digital di semua sektor kehidupan terjadi lebih cepat. Hadirnya future of work yang ditandai dengan perubahan dunia kerja juga diyakini akan datang lebih cepat.

Tren ini ditandai dengan adopsi teknologi automasi, artificial intelligence, robotik dan lainnya. Budaya remote working dan jadwal kerja yang fleksibel misalnya, akan menjadi norma baru dalam operasional bisnis.

Transformasi digital yang selama pandemi yang diadaptasi secara masif oleh banyak sektor bisnis menjadi awal transisi yang baik menuju future of work.

Namun, dibutuhkan persiapan secara komprehensif dari perusahaan dan human resources (HR) untuk memastikan karyawan siap menjalankan transisi kerja ini dengan baik.

Audi Lumbantoruan, Chairman dan Founder FutureHR (FTHR) menekankan, penting bagi perusahaan dan HR untuk memahami apa yang dibutuhkan oleh karyawan.

Baca juga: 5 Tips Nyaman Work from Home, Siapkan Cemilan hingga Tetap Disiplin Waktu

Yakni memahami bagaimana membuat mereka merasa dimengerti dan dihargai, juga meningkatkan pengalaman mereka.

"Pemenuhan hal tersebut menjadi kunci mempercepat peningkatan produktivitas dan keterlibatan karyawan untuk memajukan organisasi,” ujarnya pada sesi Mekari Flex Virtual Launch dengan media, Kamis (10/12/2020)

Baca juga: Operator Seluler Diminta Jaga Kualitas Jaringan Selama Penerapan Work From Home

Dijelaskan, pemberian benefit karyawan menjadi salah satu hal krusial yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan di masa transisi ini. Perusahaan yang memberikan benefit secara fleksibel sesuai kebutuhan akan membuat karyawan merasa dimengerti yang berdampak pada peningkatan produktivitas.

“Masa transisi ini merupakan tantangan bagi setiap karyawan, baik dari sisi personal dan profesional," ujar Suwandi Soh, CEO Mekari.

Salah satu bentuk perhatian yang bisa diberikan perusahaan adalah melalui pemberian benefit fleksibel sesuai kebutuhan, misal asuransi, kesehatan fisik dan mental, self-development dan lainnya.

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved