Breaking News:

Gandeng Kampus, Facebook Indonesia Garap Komik Berseri untuk Kampanye Inspiratif

Komik dipilih lantaran menjadi media komunikasi populer yang masih tetap bertahan di tengah perubahan zaman dan teknologi.

Istimewa
Logo Facebook 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Facebook Indonesia meluncurkan sebuah program kampanye yang menyebarkan kisah-kisah inspiratif dari sosok-sosok tangguh di Indonesia di tahun 2020 bertajuk #IndonesiaKu.

Tak hanya membuat kisah inspiratif, Facebook juga menggarap sebuah proyek komik seri bercerita kisah inspiratif itu.

Facebook berkolaborasi dengan salah satu perguruan tinggi swasta Indonesia yakni Universitas Bina Nusantara dalam memproduksi komik berseri.

Komik seri itu dikerjakan oleh mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Bina Nusantara yang berisi kisah inspiratif.

Proyek ini akan menjadi wadah bagi mahasiswa bahkan dosen kampus tersebut untuk menuangkan kisah inspiratif dalam bentuk karya komik.

Komik dipilih lantaran menjadi media komunikasi populer yang masih tetap bertahan di tengah perubahan zaman dan teknologi.

Baca juga: Facebook Menghapus Fanpage yang Dikelola Militer Myanmar karena Pelanggaran Standar Komunitas

"Karena bentuknya juga yang menggabungkan tulisan dan gambar, komik dapat menjadi solusi penyampaian pesan yang praktis dan mudah dicerna juga dapat diterima oleh semua kalangan," jelas Pieter Lydian, Country Director Facebook Indonesia.

Baca juga: Studi Facebook: 95% Pengguna Internet di Indonesia Aktif Bermedsos Selama Pandemi Covid-19

Komik seri ini akan mengisahkan sosok mulai dari komunitas, pelaku bisnis umkm, dan tokoh dari komunitas di Facebook yang memiliki kisah inspiratif di dalamnya.

"Jadi dari komik strips ini kita akan menceritakan kisah-kisah inspiratif dari para tokoh, komunitas, pelaku bisnis yang dikemas dalam penceritaan dan visualisasi yang baik,” kata Danendro Adi selaku dosen jurusan DKV di Universitas Bina Nusantara.

Melalui kampanye ini, Pieter berharap dapat berinvestasi pada kualitas kemanusiaan, agar masyarakat dapat memperbesar potensi diri.

Melalui kampanye #IndonesiaKu Facebook berharap banyak komuntas bisa memanfaatkan alat, teknologi digital, dan kemampuan yang ada untuk meningkatkan umkm digital di Indonesia.

“Melalui
kampanye #INDONESIAKU, kami ingin merayakan kebersamaan yang terjalin antara orang-orang,
komunitas, dan pelaku usaha serta inspirasi dari kebersamaan tersebut yang mereka bagikan di
Facebook dan di keluarga besar aplikasi kami," tutup Pieter. 

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved