Breaking News:

Gelar Kelas Daring, ACCI Gandeng Telkomtelstra Edukasi Cloud Computing

Asosiasi Cloud Computing Indonesia menggandeng Telkomtelstra melakukan edukasi Cloud Computing melalui kelas belajar secara daring

IST
ILUSTRASI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAAsosiasi Cloud Computing Indonesia menggandeng Telkomtelstra melakukan edukasi Cloud Computing melalui kelas belajar secara daring di Cloud Computing Academy.

Kegiatan tersebut bertemakan Container as a Service (Docker, Kubernetes, AKS Engine).

Kelas belajar daring bagian pertama tersebut dibuka secara langsung oleh Alex Budiyanto selaku Ketua Umum Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) pada Jumat (26/2/2021).

Baca juga: SD-WAN Berbasis Cloud Telkomtelstra Menjawab Tantangan Jaringan di Masa Depan

Alex mengatakan bahwa kelas belajar secara daring akan diadakan dua minggu sekali setiap hari Jumat pukul 14.00 WIB.

“Container as a service ini merupakan kelas Cloud Computing Academy yang diselenggarakan bekerjasama dengan Telkomtelstra dimana materinya disampaikan oleh Imam Adiwibowo, Senior Technical Specialist Cloud & Collaboration Telkomtelstra,” jelasnya.

Alex menambahkan dalam kelas belajar daring tersebut akan dibahas mengenai container, platform Docker, Kubernetes dan Azure Kubernetes Service (AKS) Engine mulai dari level dasar. Sehingga kelas ini sangat cocok buat pengguna yang ingin menguasai Docker, Kubernetes dan AKS Engine meskipun mereka belum paham sekali mengenai hal tersebut.

Baca juga: Token Listrik Gratis PLN Bulan Maret 2021 Bisa Diklaim dengan Mengakses stimulus.pln.co.id

Container as a Service (CaaS) sendiri adalah model layanan cloud yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah, mengatur, memulai, menghentikan, dan mengelola aplikasi dalam bentuk container.

Secara sederhana, penyedia CaaS menawarkan kerangka kerja yang lengkap untuk menggunakan dan mengelola aplikasi dalam bentuk container.

CaaS sangat berguna bagi departemen dan pengembang Teknologi Informasi untuk membangun aplikasi dalam bentuk container yang aman dan scalable. Dalam model CaaS, container disediakan sebagai layanan di dalam cloud. Bagi pengembang aplikasi, CaaS membantu meringkas proses pengembangan dan deployment aplikasi.

Startup unicorn Indonesia seperti Gojek, Traveloka pun menggunakan CaaS dalam mendukung layanan digitalnya karena adanya tuntutan bisnis dan pelanggan, sehingga dalam fase development, staging sampai production harus berjalan dengan cepat. Dimana karena saking cepatnya, pengelolaan server dengan cara tradisional tidak bisa lagi dilakukan.

Halaman
12
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved