Breaking News:

Cara Menggunakan Fitur Panggilan Suara dan Video Lewat WhatsApp Desktop

Melalui fitur ini, pengguna dapat menggunakan panggilan suara dan video kepada pengguna WhatsApp dari platform desktop ke smartphone.

IST
Screenshoot WhatsApp Desktop 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - WhatsApp resmi mengumumkan kehadiran fitur baru pada layanan platform desktop miliknya. Fitur baru tersebut, membuat penggunanya dapat melakukan panggilan suara dan video.

Melalui fitur ini, pengguna dapat menggunakan panggilan suara dan video kepada pengguna WhatsApp dari platform desktop ke smartphone.

Ingin menggunakan layanan tersebut, ini caranya:

- Pertama, pengguna harus melakukan download WhatsApp desktop pada Personal Computer (PC) atau laptop. WhatsApp Desktop sendiri sebuah aplikasi untuk PC dan laptop, dan bukan layanan WhatsApp Web yang berada pada aplikasi browsing.

Baca juga: WhatsApp Desktop Sekarang Sudah Dapat Melakukan Panggilan Suara dan Video

- Kedua, setelah melakukan download aplikasi WhatsApp Desktop dan telah di-install pada PC atau laptop, maka pengguna harus melakukan log in. Log in ini seperti pada WhatsApp Web yaitu dengan melakukan scan QR Code.

Baca juga: Voice dan Video Call WhatsApp dari Komputer Sudah Bisa Digunakan Mulai Hari Ini, Berikut Caranya

- Selanjutnya, WhatsApp Desktop akan menampilkan akun pengguna yang digunakan pada smartphone di laptop. Tampilan ini layaknya seperti pada smartphone.

Baca juga: Netflix Kini Punya Fitur Fast Laughs, Mau Saingi TikTok?

- Setelah itu, pengguna masuk ke dalam room chat yang ingin melakukan panggilan suara atau video. Letak fitur ini berada di pojok atas kanan room chat. Pengguna dapat menjumpai icon seperti gagang telepon dan kamera, kemudian tinggal memilih ingin melakukan panggilan telepon atau video.

WhatsApp sendiri mengatakan dengan hadirnya layanan terbaru pada layanan desktop ini diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk berkomunikasi secara privat dan aman dengan keluarga ataupun teman.

"Maka dari itu hadirnya fitur baru ini, kami ingin sedapat mungkin percakapan melalui WhatsApp terasa seperti, sedang berbicara tatap muka terlepas dari lokasi atau perangkat yang digunakan," kata WhatsApp dalam keterangan resminya, Jumat (5/3/2021).

Selain itu WhatsApp juga menilai, adanya peningkatan signifikan jumlah pengguna yang melakukan panggilan di WhatsApp, terutama panggilan yang berdurasi panjang.

"Kami tentunya menyadari, melakukan panggilan pada layar yang lebih besar akan memudahkan pengguna untuk berkolaborasi dengan rekan kerja atau melakukan percakapan dengan keluarga dari jarak jauh," ujar WhatsApp.

Dalam panggilan suara atau video melalui desktop ini, WhatsApp telah didesain agar dapat berfungsi tanpa kendala dalam orientasi potret maupun lanskap.

"Panggilan suara atau video pada desktop akan ditampilkan sebagai jendela terpisah, dengan ukuran yang dapat diatur dan selalu tampil paling depan," ujar WhatsApp.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved