Breaking News:

ACCA dan IAI Sepakati Kerjasama Certificate of Data Analytics

Kerjasama IAI dan ACCA telah terjalin sejak penandatanganan Nota Kesepahaman MoU antara IAI dan ACCA pada Agustus 2009

IST
Grand launching Co-branding ACCA-IAI o Certificate in Data Analytics (CertDA). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Association of Chartered Certified Accountants )ACCA) dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) telah resmi bekerjasama dalam program co-branding dari program sertifikasi ACCA bertajuk Data Analytics (certDA). Kerjasama ini dimaksudkan untuk mengukuhkan pengakuan global atas kualifikasi profesi akuntan Indonesia.

Anggota Dewan Pengurus Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Isnaeni Achdiat mengatakan sertifikat ACCA dalam Data Analytics (CertDA) ditujukan untuk semua kalangan.

Termasuk para profesional bisnis, akuntan maupun auditor yang ingin mengembangkan pemahaman mereka tentang big data, serta keterampilan dan teknik yang tersedia untuk analisis big data yang kompleks.

“Merespons perkembangan tersebut, IAI bersama ACCA berkomitmen untuk meningkatkan kualitas akuntan profesional di Indonesia dan meningkatkan peran mereka dalam memberikan kontribusi bagi perekonomian,” kata Isnaeni, Selasa (11/5/2021).

Kerjasama IAI dan ACCA telah terjalin sejak penandatanganan Nota Kesepahaman MoU antara IAI dan ACCA pada Agustus 2009 dan Perjanjian Kemitraan Strategis pada bulan Juni 2014.

Baca juga: Prof. John Vong: Anak Muda Perlu Kuasai Data Analytics Sampai Optimasi Website

ACCA dan IA juga telah menandatangani pembaharuan Strategic Partnership Agreement (SPA) pada April 2019 untuk terus memperkuat kerjasama yang sukses dalam memajukan profesi akuntansi di Indonesia.

Baca juga: Indonesia Butuh Banyak SDM yang Kuasai Data Analytics untuk Dorong Daya Saing Digital Indonesia  

Isnaeni menambahkan IAI sebagai agent of trust akan selalu menjadi yang terdepan dalam upaya menciptakan sistem tata kelola yang baik dan membangun kepercayaan pada perekonomian Indonesia.

Langkah ini semakin mendesak terlebih di masa pandemi dan di era ekonomi digital.

Baca juga: Behind The Scene: Cerita Seru Angga Dwimas Sasongko di Pembuatan Film Pendek Konfabulasi 

“Kedepannya profesi akuntan memiliki peran strategis sebagai penasihat sekaligus pemimpin dalam mengatasi isu-isu strategis, baik di sektor korporasi maupun publik. Untuk itu Akuntan perlu terus mempertahankan kompetensi mereka,” kata Isnaeni.

Raymond Jack, ACCA Executive Director of Finance and Operations mengatakan analisa dan pemanfaatan data kian penting di era pandemi dan digital saat ini.

Baca juga:  Transaksi Zakat Maal Via Digital di Tokopedia Naik Hampir 3x Lipat Selama Ramadan

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved