Breaking News:

Pentingnya Melindungi Data Konsumen di Era Transformasi Digital

Industri finansial atau keuangan menjadi sektor yang paling rentan terhadap ancaman digital security

zoom-inlihat foto Pentingnya Melindungi Data Konsumen di Era Transformasi Digital
Istimewa
ILUSTRASI - Ancaman kebocoran data dalam konteks keamanan digital (digital security) di Indonesia kembali menjadi perhatian masyarakat

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ancaman kebocoran data dalam konteks keamanan digital (digital security) di Indonesia kembali menjadi perhatian masyarakat.

Apalagi dalam beberapa waktu terakhir ini dugaan kebocoran data digital terjadi pada beberapa perusahaan maupun lembaga pemerintahan di tanah air.

Menurut laporan lembaga Check Point, Software Technologies Inc., Indonesia saat ini menjadi negara ketiga yang paling ditarget dalam ancaman digital security setelah Amerika Serikat dan India.

Industri finansial atau keuangan menjadi sektor yang paling rentan terhadap ancaman digital security.

Agus F Abdillah, Chief Customer Officer Telkomtelstra menjelaskan bahwa dalam dunia digital, keamanan menjadi isu yang sangat penting.

Terlebih di tengah pandemi yang telah berlangsung selama lebih dari setahun ini, sehingga membuat adopsi teknologi digital sangat cepat berkembang terutama yang terkait dengan bagaimana manusia berinteraksi antara satu dengan lain.

Baca juga: Permintaan Tinggi, Investor Mulai Lirik Industri Data Center

"Bagaimana perusahaan bisa menjamin keamanan data dari pelanggan supaya tidak terjadi kebocoran data menjadi hal yang sangat penting karena memang di dunia digital, security menjadi isu yang sangat penting. Apalagi bagi perusahaan yang melakukan transformasi digital dimana hal penting dalam dunia digital adalah selain network dan aplikasi serta tentu saja security," jelas Agusfa, Minggu (13/6/2021).

Dia menambahkan, bahwa sebagai penyedia layanan cloud di Indonesia, Telkomtelstra yang merupakan perusahaan joint venture antara PT Telkom Indonesia dengan Telstra Australia menghadirkan satu layanan cloud lokal yang berlokasi di Indonesia dan dapat memenuhi semua aspek kebutuhan perusahaan baik itu reability, scability, maupun availability dan tentu saja aspek security dengan baik.

Sementara itu, Hanny Winarti, Partnership Account Manager Qiscus mengungkapkan pentingnya upaya untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang baik dan aman dalam situasi pandemi ini.

Halaman
12
Penulis: Sanusi
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved