Breaking News:

START Summit Extension Mei: Di Balik Proses Pembaharuan Website dan Aplikasi Tokopedia

Lewat START Summit Extension, Elly dan Fanny menceritakan seperti apa proses di balik pembaharuan yang terjadi di aplikasi dan website Tokopedia.

Istimewa
START Summit Extension bulan Mei dengan tema “How Engineering Productivity Optimizes Tokopedia Web and App Releases”. 

TRIBUNNEWS.COM - Pernahkah kamu memperhatikan pembaharuan-pembaharuan yang terjadi pada website maupun aplikasi Tokopedia? Kalau iya, kamu pasti menyadari bahwa pembaharuan tersebut dilakukan secara berkala pada jadwal tertentu. Seperti apa proses di balik pembaharuan yang terjadi?

Lewat START Summit Extension pada Mei lalu, Elly Susilowati, Test Engineer Lead untuk Tokopedia iOS dan Fanny Budiman, Test Engineer Lead untuk Website Tokopedia menceritakan seperti apa proses di balik pembaharuan yang terjadi di aplikasi dan website Tokopedia.

Membawa tema “How Engineering Productivity Optimizes Tokopedia Web and App Releases”, keduanya berbagi pengalaman dan keahlian mereka kepada para peserta melalui acara yang disiarkan lewat Youtube, Tokopedia Play, dan Website Tokopedia Academy.

Proses Pembaharuan pada Website Tokopedia

Dalam acara tersebut, Elly dan Fanny menjelaskan bahwa proses pembaharuan Tokopedia pada aplikasi dan website berbeda. Pada website, proses pembaharuan terdiri atas 3 tahap yakni Staging, Beta, dan Production.

Staging adalah tahap pengecekan yang dilakukan oleh Test Engineer. Pada tahap ini, para Test Engineer memastikan semua perubahan yang dilakukan oleh para engineer telah teraplikasikan dengan baik pada website.

Apabila pengecekan selesai, maka semua pembaharuan tersebut akan disatukan dan kembali di tes ulang pada tahap Beta. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini pengecekan dilakukan oleh semua stakeholder dan lebih menyeluruh.

Salah satu yang dicek adalah User Interface (UI), mengingat pada tahapan ini, pembaharuan sudah dapat digunakan dan dicoba secara internal dengan tampilan yang akan diterima user nantinya. Bugs yang masih ditemukan juga akan diperbaiki sebelum masuk ke tahap selanjutnya.

Terakhir adalah proses Production, yakni pengunggahan pembaharuan kepada pengguna. Pada tahap ini, pembaharuan yang dilakukan sudah dapat dinikmati oleh para pengguna.

“Semua hal harus runtut mengikuti proses rilis agar apa yang dinikmati oleh user adalah yang paling baik,” jelas Fanny.

Halaman
123
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved