Breaking News:

BI dan BukuWarung Ajak UMKM Naik Kelas dengan Dukungan QRIS

Sebanyak 96 persen merchant pengguna QRIS tergolong UMKM dan ingga akhir 2021, BI menargetkan sebanyak 12 juta merchant sudah terintegrasi dengan QRIS

Editor: Choirul Arifin
dok.
Director of Sales and Merchant Experience BukuWarung Adi Harlim 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia bersama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan BukuWarung mendukung UMKM untuk naik kelas dengan memanfaatkan Quick Response Indonesia Standard (QRIS).

QRIS merupakan pembayaran berbasis QR Code dalam rangka mendukung Blueprint Sistem Pembayaran 2025 yang diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI). Saat ini QRIS sudah diadopsi oleh 10,4 juta pelaku usaha/merchant, termasuk UMKM (per 17 September 2021).

Bahkan, 96 persen merchant pengguna QRIS tergolong UMKM. Hingga akhir 2021, BI menargetkan sebanyak 12 juta merchant sudah terintegrasi dengan QRIS.

Pengadopsian QRIS dalam bertransaksi merupakan langkah penting untuk memperluas literasi keuangan dan pengembangan digitalisasi UMKM.

Pengadopsian QRIS dapat menaikkan kelas UMKM karena mendorong pelaku usaha untuk memiliki rekening bank, yang lebih lanjut membantu mereka berstatus bankable guna memperoleh berbagai layanan perbankan, termasuk bantuan permodalan.

Selain itu, metode QRIS yang sifatnya nontunai dan nirsentuh dapat mendukung transaksi UMKM yang lebih memenuhi protokol kesehatan. Dengan demikian, diharapkan realisasi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui pemberdayaan UMKM bisa dipercepat.

Baca juga: Hampir 9 Juta Merchant Sudah Manfaatkan QRIS Sebagai Sistem Pembayaran

Untuk semakin memperluas adopsi metode pembayaran baru ini, Bank Indonesia bersama BNI dan BukuWarung, perusahaan teknologi penyedia ekosistem finansial digital untuk UMKM Indonesia, menggelar kegiatan webinar bertajuk

“Adopsi dan Pemanfaatan QRIS untuk UMKM Naik Kelas” yang diselenggarakan Sabtu (25/9/2021).

Baca juga: BRI Targetkan 12 Juta Pedagang Manfaatkan Fitur QRIS

Hadir dalam webinar ini Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Fitria Irmi Triswati; Asisten Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Ginanjar; Vice President Bank BNI Denny Ricky Feblu; Senior Executive Vice President Bisnis Digital Bank BNI Rian Kasian; dan Director of Sales and Merchant Experience BukuWarung Adi Harlim; dan 180 pelaku UMKM dari berbagai kota Indonesia.

Baca juga: UMKM Kini Lebih Mudah Ajukan Izin Usaha Via Online di OSS, Ini Ragam Manfaatnya

Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Fitria Irmi Triswati mengatakan, transformasi digital semakin penting untuk mendorong pemulihan ekonomi.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved