Breaking News:

Pengamat: Merger Indosat dan Tri Harus Untungkan Pelanggan

Konsolidasi bisnis yang dilakukan operator seluler ini hendaknya tidak membuat bingung para pelanggan, karena merekalah yang diuntungkan.

Penulis: Hendra Gunawan
Editor: Choirul Arifin
IST
Ilustrasi merger Indosat dan Tri. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hendra Gunawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) dan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I/Tri) telah resmi melakukan penggabungan bisnis pada 16 September 2021 lalu. Perusahaan gabungan keduanya akan bernama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison).

Menurut Kamilov Sagala, SH, MH, Ketua Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Informasi pada diskusi yang digelar oleh Indonesia Technology Forum (ITF) bersama media pada Jumat (8/10), konsolidasi bukan hal baru di industri telekomunikasi yang perkembangannya sangat cepat.

“Bukan hitungan tahun lagi, tapi bulan,” ujarnya menggambarkan pesatnya kemajuan teknologi industri ini.

Ia melihat di negara-negara seperti Indonesia yang geografisnya sangat luas membuat pembangunan infrastruktur menjadi tantangan yang amat besar. “Berbeda dengan India atau China,” katanya.

Tingginya tantangan ini berisiko pada besarnya pembiayaan infrastruktur dan industri telekomunkasi merupakan bisnis yang padat modal. Di sisi lain dibutuhkan sebuah industri yang sehat.

“Industri sehat terjadi kalau layanan masyarakatnya baik,” ujar mantan Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) itu.

Baca juga: Menkominfo Restui Merger Indosat H3I, Namun Tetap Perlu Ada Evaluasi Menyeluruh

Proses merger adalah keniscayaan untuk mewujudkan industri yang sehat. Ia mencontohkan di Malaysia bagaimana Celcom berkolaborasi dengan Digi pada pertengahan tahun 2021.

Kemudian di India pada tahun 2020, Vodafone merger dengan Airtel. Konsolidasi dua perusahaan dari dua contoh ini mengubah peta industri menjadi lebih baik dan pemanfaatan frekuensi yang lebih optimal.

Baca juga: Mantan Komisioner BRTI Sarankan Indosat dan Hutchinson Tetap Jalankan Pertimbangan KPPU

Dia berharap hasil merger ini diharapkan dapat menciptakan industri telekomunikasi digital kelas baru di indonesia. Bukan tidak mungkin buah konsolidasi ini mampu mempercepat transformasi digital yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved