AIIS 2021 Siap Pamerkan Perkembangan Terkini Pemanfaatan Teknologi AI di Indonesia.

AIIS 2021 merupakan kegiatan konferensi sekaligus pameran yang menampilkan perkembangan terkini serta pemanfaatan teknologi AI di Indonesia.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
IST
Ketua Umum KORIKA Hammam Riza 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) kini telah dimanfaatkan dalam segala bidang yang menopang sektor perekonomian.

Pemanfaatan AI saat ini tidak hanya dioptimalkan di negara maju saja, namun juga negara berkembang.

Melihat pentingnya AI dalam mendukung peran inovasi bagi perkembangan Indonesia di masa depan, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Organisasi Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi (OR PPT) bersama Kolaborasi Riset dan Inovasi Kecerdasan Artifisial (KORIKA) akan menggelar Artificial Intelligence Innovation Summit (AIIS) 2021.

Event ini akan dihelat secara virtual pada 10 hingga 13 November mendatang.

AIIS 2021 merupakan kegiatan konferensi sekaligus pameran yang menampilkan perkembangan terkini serta pemanfaatan teknologi AI di Indonesia.

Baca juga: Sensasi Menonton BLACKPINK The Movie dengan Teknologi ScreenX

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko menyampaikan bahwa Indonesia telah memiliki Strategi Nasional (Stranas) Kecerdasan Artifisial 2020-2045.

Stranas ini, kata dia, merupakan upaya Indonesia untuk lebih mengoptimalkan pemanfaatan teknologi terkini, khususnya AI untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas di berbagai sektor.

Baca juga: Nasabah Bank Makin Nyaman Pakai Digital Banking, Nilai Transaksi Melonjak 46,72 Persen di September

 
"BRIN mendukung percepatan penguasaan AI untuk pemanfaatan di berbagai sektor strategis," ujar Handoko, dalam keterangan resminya, Senin (25/10/2021).

Baca juga: Bocor, Data Nasabah Bank Jatim Diduga Dijual Rp 3,52 miliar, Begini Pendapat Ahli Forensik Digital

Menariknya, teknologi AI ini nantinya akan digunakan dalam mendukung sektor-sektor strategis seperti pertanian, efisiensi energi, keamanan siber hingga industri kreatif.

Ketua Umum KORIKA Hammam Riza menjelaskan, keberadaan KORIKA dalam AIIS 2021 ini sangat penting untuk mendorong kebangkitan AI di Indonesia.

"Kita ingin menjadikan KORIKA sebagai organisasi yang gesit, terpercaya dalam mewujudkan ekosistem kolaborasi percepatan penerapan kecerdasan artifisial menuju visi Indonesia 2045," kata Hammam, dalam virtual press conference 'AI Innovation Summit (AIIS) 2021', Senin (25/10/2021).

Kehadiran KORIKA dalam event tersebut, kata dia, akan semakin memperkuat orkestrasi quadruple helix yang terdiri dari akademisi atau peneliti, kalangan bisnis, pemerintah serta komunitas masyarakat.

Hammam menambahkan, dalam AIIS 2021, pihaknya akan mempertemukan individu maupu perusahaan yang membutuhkan solusi AI, dengan para developer yang mengembangkan berbagai aplikasi AI.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved