Breaking News:

Mengenal Seluk-beluk Tanda Tangan Elektronik, Pahami Manfaatnya Agar Tidak Salah Kaprah

Tanda tangan elektronik (TTE) kini makin populer digunakan masyarakat untuk kebutuhan otentifikasi dokumen-dokumen digital.

Editor: Choirul Arifin
Softtelligence.net
Ilustrasi tanda tangan elektronik 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tanda tangan elektronik (TTE) kini makin populer digunakan masyarakat untuk kebutuhan otentifikasi dokumen-dokumen digital.

Tren penggunaan tanda tangan elektronik makin meningkat sejak pandemi Covid-19 yang mengharuskan orang mengurangi interaksi sosial demi menghindari risiko terpapar virus Covid-19.

Tanda tangan elektronik umumnya digunakan untuk penanganan dan otorisasi dokumen.

Ke depan, metode pengesahan dokumen seperti menggunakan tanda tangan elektronik dan materai elektronik diprediksikan akan menggeser tanda tangan kursif atau biasa kita kenal dengan tanda tangan basah yang selama ini luas digunakan di masyarakat.

Beberapa layanan digital seperti fintech, bank digital, telekomunikasi, dan masih banyak lainnya mensyaratkan tanda tangan elektronik yang disertai dengan verifikasi identitas agar dapat bertransaksi secara aman dan nyaman, serta terhindar dari penipuan atau fraud.

Itulah sebabnya, Tanda Tangan Elektronik dengan standar keamanan yang tinggi menjadi salah satu cara untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Baca juga: TékenAja! Garap Bisnis Tanda Tangan Digital untuk Beragam Sektor Industri

Kareanya, masyarakat perlu memahami apa dan bagaimana atau seluk beluk tanda tangan elektronik, berikut pemahaman cara penggunaannya agar kita salah kaprah.

Berikut adalah 5 hal yang perlu kamu ketahui tentang tanda tangan elektronik:

1. Tanda tangan elektronik berisi informasi terenskripsi

Tanda tangan elektronik adalah tanda tangan yang terdiri dari informasi elektronik terenkripsi berupa sertifikat elektronik yang digunakan sebagai alat verifikasi dan otentikasi.

Baca juga: Tanda-tanda Korporasi Butuh Inovasi Digital: Revenue Stagnan, Teknologi Usang, Pemimpin Tak Inovatif

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved