Inves Rp 6,9 Triliun, Apple Hadirkan Fitur SOS Satelit di iPhone 14 Series

Fitur Emergency SOS via Satelit akan hadir secara gratis selama 2 tahun pertama untuk seluruh pengguna iPhone 14 series

Editor: Choirul Arifin
IST
Apple mengguyurkan dana investasi sebesar 450 juta dolar AS atau Rp 6,9 triliun untuk meluncurkan fitur Emergency SOS via Satelit demi menunjang kinerja gawai anyar iPhone 14 series. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com  Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIAApple Inc mengkonfirmasi rencana barunya yang akan meluncurkan fitur Emergency SOS via Satelit demi menunjang kinerja gawai anyar iPhone 14 series.

Apple mengguyurkan dana investasi sebesar 450 juta dolar AS atau Rp 6,9 triliun untuk  inovasi ini dan memungkinkan pengguna ponsel iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max untuk dapat terhubung langsung ke Satelit Globalstar yang mengorbit Bumi.

Dengan begini pengguna bisa berkomunikasi dengan layanan darurat saat berada di luar jangkauan seluler atau Wi-Fi.

Sebagai informasi jaringan satelit Globalstar sendiri dapat bergerak dengan kecepatan sekitar 16.000mph, dengan kecepatan ini layanan satelit Globalstar mampu mengirimkan pesan ke seluruh stasiun yang ada di penjuru dunia, seperti yang dilansir Techcrunch.

Dengan menggunakan teknologi canggih itu, Apple mengatakan pengiriman pesan satelit kemungkinan hanya akan memakan waktu 15 detik dengan syarat pengguna harus berada di alam terbuka.

Namun ketika pengguna berdiri di bawah pepohonan dengan dedaunan lebat, pengiriman pesan via satelit akan berjalan sedikit lambat dengan waktu pengiriman sekitar 1 menit.

Baca juga: iOS 16.1.1 Dirilis, Apple Tawarkan Perbaikan Bug Wifi dan Sistem Keamanan

“Peluncuran SOS Darurat melalui satelit langsung ke iPhone adalah kemajuan generasi dalam komunikasi satelit, dan kami bangga bahwa satelit dan aset spektrum Globalstar akan memainkan peran sentral dalam menyelamatkan nyawa,” kata ketua eksekutif Globalstar Jay Monroe, Kamis (10/11/2022.)

Apple tak sendiri untuk menghadirkan layanan ini nantinya sejumlah perusahaan besar asal Amerika juga turut bergabung dalam pendanaan proyek satelit SOStermasuk Corning, Finisar, XPO Logistics, dan Copan Diagnostics dengan menyuntikan dana gabungan lebih dari 1,4 miliar dolar AS.

Baca juga: Apple Pangkas Target Produksi iPhone 30 Persen, Imbas Pembatasan Covid-19 di China

Sayangnya SOS darurat tidak mendukung pengiriman data, suara, atau pesan teks biasa. Namun sebagai gantinya layanan darurat besutan Apple ini dapat membantu pengguna mengirimkan lokasi dan informasi penting lainnya. 

Fitur Emergency SOS via Satelit akan hadir secara gratis selama 2 tahun pertama untuk seluruh pengguna iPhone 14 series di Alaska, Florida, Hawaii, Nevada, Puerto Rico, dan Texas.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved