Breaking News:

Wisata Kalbar

Berburu Cinderamata Khas Pontianak? Ruko PSP di Jalan Patimura, Pusatnya

Traveling ke Pontianak, apa buah tangan yang paling asyik buat dibawa pulang? Ruko PSP di Jalan Patimura, jawabannya!

TRIBUN PONTIANAK/ HADI SUDIRMANSYAH
Mandau, souvenir khas Kalimantan Barat yang dijual di Kota Pontianak. 

Laporan Reporter Tribun Pontianak, Hadi Sudirmansyah

TRIBUNNEWS.COM, PONTIANAK -Traveling ke Pontianak, apa buah tangan yang paling asyik buat dibawa pulang?

Bagi wisatawan, setelah puas berkunjung ke bumi Khatulistiwa, sebaiknya sebelum pulang, sempatkan diri untuk berburu souvenir atau cinderamata khas Kalimantan Barat.

Untuk mendapatkan ‎cinderamata atau oleh-oleh khas Kalimantan barat, tak perlu repot, karena semua tersedia di komplek rumah toko (Ruko) PSP yang berada di jalan Patimura kota Pontianak.

Di ruko tersebut semua jenis souvenir dan oleh-oleh bisa di‎dapat, baik itu berupa souvenir gantungan kunci, kaos bermotif, kain batik khas Kalbar, miniatur tugu khatulistiwa hingga hiasan dinding senjata khas Dayak yakni Mandau serta perisainya.

Harga yang ditawarkan cukup murah meriah seperti untuk souvenir gantungan kunci tersedia dari harga Rp 2000-5000, senjata Mandau hiasan dinding hanya Rp 100 ribu dan Perisainya Rp 80 ribu.

Sementara untuk bahan kain batik terdapat banyak corak dan warna yang indah, corak kain batik khas Kalbar memiliki khas tersendiri, lantaran setiap kabupaten kota di Kalbar memiliki corak sendiri.

Seperti corak insang dan batik tidayu (Thionghoa, Dayak, Melayu) yang merupakan khas dari kota Singkawang, begitu juga kain tenun yang berasal dari kabupaten Sambas.

Kain batik khas yang terbuat dari bahan katun dihargai Rp 50 ribu permeter, para pembeli bisa mendapatkan sesuai keinginan dan kebutuhan untuk membeli berapa meter kain batik yang tak kalah menarik.

Batu Kecubung

Tak hanya itu‎ di ruko PSP juga menjual batu-batu cincin yang khas Kalbar yakni batu kecubung yang harganya cukup terjangkau, selain itu para pembeli juga bisa mengukur kekerasan batu tersebut, karena para penjual souvenir turut menyediakan diamond detector.

Jenis batu kecubung yang tersedia di ruko PSP Pontianak yakni Batu kecubung es, kopi, kuning bensin, kuning solar, teh, ungu, Sempalai sambas, Sempalai ketapang, untuk bongkahan Batu kecubung para penjual souvenir menawarkan bongkahan mulai dari harga Rp 200rb dan untuk yang telah di ikat menjadi batu cincin di jual mulai dari seharga ‎Rp 250ribu.

Selain itu juga, di toko Souvenir tersebut juga menjual Batu akik khas dari putusibau dan sambas‎ yang di tawarkan mulai dari Rp 200ribu dan untuk Batu panca warna khas putusibau Rp 300rb‎ serta batu Red borneo putusibau dan sambas Rp 250‎ ribu.

Editor: Agung Budi Santoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved