Wisata Jateng

Pesona Surga-surga Kecil di Kecamatan Juwana, Kota Pati

Inilah titik-titik surga kecil di kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jateng.

Pesona Surga-surga Kecil di Kecamatan Juwana, Kota Pati
Mila Chandra Novianti
Pesona pelabuhan di Kecamatan Juwana, Pati. 

TRIBUNNEWS.COM - Juwana adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pati,Provinsi Jawa Tengah,Indonesia . Kota kecil ini merupakan kota pesisir yang terletak di jalur pantura yang menghubungkan kota Pati dengan kota Rembang .

Kota Juwana ini merupakan kota terbesar kedua di kabupaten Pati setelah kota Pati.

Kota Juwana ini juga dikenal sebagai Kota Bandeng kenapa? Salah satu alasannya adalah karena area pertambakan yang ada di Juwana terbentang luas hampir 7 km sampai ke batas laut .

Dari tambak – tambak ini setiap harinya menghasilkan puluhan ton bandeng.

Alasan lain dijuluki kota bandeng karena terkenal dengan olahannya yaitu bandeng presto, bandeng dengan duri yang sangat lunak yang rasanya sudah dapat dipastikan mampu menggoyang lidah untuk penikmatnya .

Di Juwana ini juga terdapat sebuah sungai besar bernama sungai Silugonggo.


Pesona batik produk Juwana.

Di sungai ini menjadi tempat berlabuhnya ribuan kapal nelayan. Sungai Silugonggo ini menjadi salah satu tempat pencaharian para nelayan – nelayan di Juwana khususnya warga yang berada di kanan kiri sungai.

Sungai ini dihimpit oleh 2 kampung nelayan yaitu Desa Bajo dan Desa Bendar.

Ya di Juwana juga terdapat kampung nelayan bernama Bajo seperti kampung nelayan di Wakatobi hanya saja kalau di Juwana disebutnya Desa Bajo.

Kemudian adalah Desa Bendar yang menjadi salah satu desa nelayan terkaya di Indonesia , kenapa? Karena di Desa Bendar ini sebagian besar penduduknya memiliki penghasilan yang lumayan besar di banding desa – desa nelayan lainnya di Indonesia .

Sebagian besar penduduk yang bertempat tinggal di Desa Bendar ini bermata pencaharian sebagai nelayan . Seperti dapat kita ketahui di kampung nelayan biasanya terkenal dengan desa yang miskin dan kurang maju perkembangan desa maupun penduduknya .

Namun tidak dengan kedua desa ini Bajo dan Bendar bukanlah desa yang tertinggal . Kedua desa ini menjadi layaknya desa – desa yang ada di kota besar dimana perkembangan masyarakat dan iptek nya sudah maju .

Di juwana juga terdapat tempat kerajinan batik yang sudah terkenal sampai ke kota – kota besar yang ada di Jawa misalnya, yaitu Batik Bakaran .

Batik Bakaran ini terdapat di 2 desa yaitu Desa Bakaran Wetan dan Desa Bakaran Kulon . Batik Bakaran ini juga menjadi slah satu ikon untuk kota Pati . Juwana merupakan kota yang masih teguh menghargai budaya dan tradisi leluhur sampai saat ini .

Seperti tradisi yang masih ada sampai saat ini diantaranya yaitu sedekah bumi , sedekah laut , suronan ,dan bersih desa . Selain ritual upacara adat Juwana juga sering diadakan pagelaran budaya diantara nya Wayang , Kethoprak Dan masih banyak hal – hal unik dan menarik yang terdapat di juwana.(Kiriman: Mila Candra Novianti/ Tribuner) 

Editor: Agung Budi Santoso
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved