Breaking News:

Januar Setyadi: Travel Agent Berkontribusi Genjot Promosi Wisata

Direktur Sabda Travel, Januar Setyadi mengatakan pariwisata merupakan salah satu penyumbang terbesar devisa negara.

dok pribadi
Direktur Sabda Travel, Januar Setyadi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Sabda Travel, Januar Setyadi mengatakan pariwisata merupakan salah satu penyumbang terbesar devisa negara.

"Hal ini tidak lepas dari peran travel agent yang selama ini berkontribusi menggenjot promosi hingga terlibat langsung sebagai pelaku bisnis sektor wisata," ungkapnya.

Dalam masa Corona ini, semua negara diakuinya tutup hingga setiap orang tidak bisa bergerak sama sekali.

"Juga banyak larangan dan himbauan perjalanan pemerintah lokal dan internasional yang menganjurkan untuk di rumah saja," ujarnya.

Kondisi ini membuat dirinya, selau travel agent kesulitan karena tidak bisa menjual produk yang mereka punya.

"Para pelaku lainnya menghadapi kesulitan meraup pendapatan, serta harus bertahan dengan melakukan pemotongan biaya operasional," selorohnya.

Januar Setyadi juga mengakui bahwa meski dampak ekonomi dari pandemi ini belum akan mereda dalam waktu dekat, tentunya perlu strategi yang harus dilakukan.

Investasi ratusan atau ribuan triliun diakuinya tidak akan berarti bila mengenyampingkan aspek berkelanjutan.

Langkah yang dilakukan untuk bertahan atau membangun maju travel/pariwisata di Indonesia menurutnya, pertama tidak berlebihan untuk mengeluarkan dana Operasional ketika sebelum masa pandemi sehingga memiliki saving money.

"Kedua mengabil peluang pariwisata yang bisa dijalankan dimasa Pandemi salah satunya Turkey yang sudah membuka Border Internasional untuk Wisatawan. Pandemi ini membuat banyak pelaku usaha wisata gigit jari. Kemenparekraf yang mengatakan sudah siapkan dana hibah untuk membantu sampai sekarang kami tidak pernah terima," paparnya.

Halaman
12
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved