Breaking News:

Di Indonesia Aja

6 Jajanan Masa Kecil yang Bisa Dibeli Online, Dijamin Bikin Kamu Nostalgia!

Menikmati jajanan khas masa kecil tak hanya memanjakan lidah dan mengusir rasa bosan, tetapi juga bisa jadi ajang bernostalgia

BizzInsight
Shutterstock
Ilustrasi jajanan masa kecil. 

TRIBUNNEWS.COM - Bosan #DiRumahAja akibat PPKM Level 4 kembali diperpanjang? Wajar, kok! Untuk membunuh kejenuhan saat beraktivitas di rumah, bagaimana kalau kamu memesan kuliner yang enak untuk dimakan bersama keluarga?

Jika kamu bosan memesan makanan kekinian yang itu-itu saja, mungkin ini saatnya kamu bernostalgia dengan membeli jajanan khas masa kanak-kanak dulu.

Menikmati jajanan khas masa kecil tak hanya memanjakan lidah dan mengusir rasa bosan, tetapi juga bisa jadi ajang bernostalgia. Kabar baiknya, nostalgia bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental, lho!

Melansir Healthline, nostalgia membantu seseorang terlepas dari stres dan kecemasan, melawan rasa kesepian dan kesedihan, hingga menyemangati diri untuk lebih memaknai hidup sebagaimana pada masa kecil.

Yuk, borong jajanan masa kecil dari rumah dengan membelinya dari pelaku UMKM lokal di sekitar kita! Berikut rekomendasi 6 jajanan masa kecil yang bisa dibeli secara online dengan #BeliKreatifLokal!

1) Cilok

Cilok menjadi salah satu jajanan favorit masa kecil. Berukuran mulai dari sekecil kelereng hingga sebesar bola pingpong, cilok yang kenyal terbuat dari adonan tapioka yang dikukus. Lebih nikmat jika diolah dengan daun bawang, bawang putih, lada, dan garam.

Cilok lebih cocok disantap saat panas, apalagi jika dibalut dengan saus sambal atau bumbu kacang pedas. Maknyus banget!

Untuk mendapatkan cilok dengan cita rasa bervariasi, belilah secara online di Red Hot Cilok Peppers. Hadir dalam beragam rasa, mulai dari original, beef floss, shredded chicken, hingga quail egg, ditemani sambal super pedas. Membuatnya pun mudah, tinggal diseduh 3 menit dengan air panas beserta bumbunya. Nyam!

2) Cireng

Ilustrasi cireng.
Ilustrasi cireng. (Shutterstock)

Tidak afdal masa kecilmu jika belum pernah ketagihan cireng. Cireng, alias aci digoreng, terbuat dari tepung kanji yang digoreng, sehingga rasanya gurih. Berbeda dengan cilok, cireng berbentuk datar dan teksturnya kasar.

Zaman sekarang, banyak yang lebih mengenal cireng sebagai camilan yang memiliki isi, atau disebut juga cireng isi, mulai dari isi ayam, daging sapi, sayuran, dan lainnya.

Sedangkan pada masa lalu, kamu mungkin lebih mengenal cireng tanpa isi yang biasanya dinikmati dengan bumbu pedas.

Salah satu UMKM lokal penjual cireng adalah Pontir Jaya Food. Pontir Jaya Food menyediakan berbagai varian cireng, mulai dari cireng isi, cireng rujak, hingga cireng mercon.

Selain cireng, UMKM ini juga menjajakan jajanan pasar seperti risol, lumpia, hingga tahu mercon. Ngiler? Kunjungi linktree pada akun Instagram Pontir Jaya Food untuk membelinya!

3) Keripik pedas

Keripik singkong pedas sering dijadikan kudapan keluarga sejak dulu, khususnya saat sedang ngumpul atau menonton televisi. Rasanya yang pedas dan gurih membuat siapa pun ketagihan dan nggak bisa berhenti mengunyah.

Mendapatkan camilan ini tergolong mudah. Biasanya, keripik pedas dijual di warung-warung kelontong dengan harga yang bersahabat.

Namun, jika tidak ingin repot keluar rumah, kamu bisa memesannya secara daring di Juragan Keripik, UMKM keripik pedas dari Cinere, Depok. Selain rasa pedas gurih, UMKM ini juga menyajikan keripik dengan cita rasa pedas manis.

4) Lidi-lidian

Bayangkan, saat itu kamu masih berusia sekolah dasar. Ibumu menyuruhmu berbelanja di warung, dan uang kembaliannya boleh untuk jajan. Tentu kamu pernah menggunakannya untuk membeli lidi-lidian, kan?

Camilan berbentuk sapu lidi ini memang melegenda. Apalagi, dengan cita rasa pedas asin yang gurih dan adiktif, bahkan masih digandrungi orang dewasa hingga kini.

Saat ini, lidi-lidian hadir dalam varian rasa yang tak kalah nikmat. Kamu bisa membelinya di Mister mielidi secara online. Mister mielidi menyediakan varian rasa original, keju, pizza, jagung bakar, balado, hingga pedas.

5) Makaroni

Ilustrasi makaroni.
Ilustrasi makaroni. (Shutterstock)

Makaroni juga merupakan jajanan jadul yang sangat hits, terutama pada era 90-an. Camilan kering yang lezat ini biasanya dijual dengan cita rasa pedas asin atau balado. Hingga kini, eksistensi makaroni masih populer dan telah hadir dalam banyak varian.

Untuk mendapatkan makaroni yang terjangkau dan recommended dari segi varian cita rasa, kamu bisa langsung melakukan pemesanan di Woy Makroni Eat. Bisa juga memanfaatkan layanan aplikasi GoFood atau GrabFood, lho!

6) Risoles

Ketika mengunjungi toko jajanan pasar saat masih kecil, kamu tentu sering memilih risoles kan? Memang, makanan ringan berisi daging dan sayur ini selalu menggugah selera. Di masa kini, risoles hadir dengan isian mayonnaise, daging asap, hingga keju mozzarella.

Tetapi, kalau kamu rindu dengan risoles klasik yang hanya berisi potongan ayam dan sayuran, kamu bisa membelinya secara online di Mamochi Kitchen. Risoles klasik dan handmade ini cocok banget dimakan bersama cabai rawit.

Selain risol, Mamochi Kitchen juga menyediakan beragam jajanan pasar lainnya, seperti buras, lumpur surga, dan puding.

Bagaimana, kini kamu sudah punya referensi jajanan baru yang bisa dibeli dari rumah kan? Tak hanya membuat kamu makin betah #DiRumahAja sambil bernostalgia, membeli jajanan masa kecil dari jenama lokal juga dapat membantu UMKM bertahan dari pukulan ekonomi di masa pandemi.

Yup, sebagai konsumen, kontribusimu membeli produk UMKM lokal sangat signifikan untuk menghidupkan geliat para pelaku ekonomi kreatif. Kamu juga berperan untuk memperbaiki nasib mereka yang terdampak pandemi.

Dengan begitu, roda perekonomian nasional dapat terus berjalan. Seperti yang diketahui, UMKM menyumbang 60 persen produk domestik bruto Indonesia.

Eksistensi para pelaku UMKM sangatlah besar bagi roda perekonomian di masa pandemi. Bahkan, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, pernah menyebut pelaku UMKM sebagai pahlawan di masa krisis yang dapat memulihkan ekonomi tanah air.

"Saya bertemu banyak UMKM, di masa pandemi ini saya melihat betapa besar harapan dan energi bangsa ini bangkit dari keterpurukan ekonomi," ujar Sandiaga.

Sandiaga juga menjelaskan, UMKM merupakan pahlawan ekonomi di setiap krisis. Bahkan bisa dikatakan mereka merupakan juru selamat untuk pemulihan ekonomi.

"Pahlawan ekonomi di setiap krisis selalu berhasil menjadi juru selamat. Mereka mulai bangkit dan pulihkan ekonomi kita dengan berkegiatan yang akan membuka lapangan pekerjaan sebesar-besarnya," ujarnya.

Maka itu, gerakan #BeliKreatifLokal masyarakat sangatlah penting untuk mendukung para “pahlawan ekonomi” tersebut.

BeliKreatifLokal

Di samping itu, untuk menjaga diri dan keluarga, terapkan disiplin protokol kesehatan 6M seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama. Jika harus keluar rumah karena urusan mendesak, jangan lupa untuk menjalankan protokol CHSE.

Tak ketinggalan untuk selalu berolahraga, mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, dan istirahat yang cukup agar imunitas tubuh tetap terjaga.

Serta lakukanlah vaksinasi sesegera mungkin agar dapat menciptakan herd immunity lebih cepat. Vaksinasi adalah kunci utama mengendalikan penyebaran Covid-19, sehingga kita lekas terbebas dari pandemi. Tentu kamu rindu akan kehidupan yang normal, bukan?

Selain bernostalgia lewat jajanan masa kecil dengan #BeliKreatifLokal, kamu juga dapat mengobati kejenuhan di #DiRumahAja dengan mengikuti Kompetisi 17 Agustus #MelodiKemerdekaan dari Pesona Indonesia.

Kompetisi yang berlangsung pada 27 Juli sampai 12 Agustus 2021 ini akan menantang kamu untuk membuat video kreasi menyanyikan salah satu lagu daerah #DiIndonesiaAja yang telah ditentukan oleh Pesona Indonesia.

Cara mengikuti Kompetisi 17 Agusutus #MelodiKemerdekaan sangat mudah. Kamu hanya perlu menyanyikan satu lagu daerah yang dapat dipilih dan diunduh pada bagian bawah halaman ini.

Buatlah video menyanyi berdurasi 1 menit sekreatif mungkin, boleh sambil menari dan bermain musik, atau menggunakan kostum dan aksesori khas masing-masing daerah agar peluang menang semakin besar.

Jangan lupa menyematkan pesan untuk menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker di akhir video. Jika semua syarat telah dilengkapi, kamu dapat mengunggahnya di feed Instagram kamu dengan mention akun Instagram @pesonaid_travel, bubuhkan tagar #MelodiKemerdekaan pada caption, dan mention 3 orang temanmu untuk ikutan.

Para pemenang terpilih berkesempatan mendapat saldo uang elektronik total jutaan rupiah. Selain itu, video-video kreasi terbaik akan ditayangkan di akun Instagram @pesonaid_travel dan kanal Youtube Pesona Indonesia pada HUT Kemerdekaan Indonesia ke-76, Selasa, 17 Agustus 2021.

Terakhir, jangan lupa untuk follow akun Instagram @pesonaid_travel agar kamu selalu mendapatkan update informasi terbaru mengenai kompetisi tersebut dan mengenal lebih jauh pariwisata, serta ekonomi kreatif di Indonesia.

Penulis: Dea Duta Aulia/Editor: Bardjan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved