Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School Siapkan Lulusan dengan Kompetensi Global

Kecakapan literasi dasar, menjadi kata kunci dalam mepersiapkan generasi muda indonesia yang mampu menguasai abad 21.

Istimewa
Kecakapan literasi dasar, menjadi kata kunci dalam mepersiapkan generasi muda indonesia yang mampu menguasai abad 21. 

Ditulis oleh : Teddy Satria

TRIBUNNERS - Kecakapan literasi dasar, menjadi kata kunci dalam mepersiapkan generasi muda indonesia yang mampu menguasai abad 21.

Demikian dikatakan Menteri Pendidikan kebudayaan Anies Baswedan saat menyampaikan testimoni Soft Opening  SMP/SMA Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School di Bogor Selatan belum lama ini.

Pemerintah, menurut Anies, menginginkan generasi baru Indonesia yang memahami Indonesia dengan baik, dengan tetap mempertahankan akar budaya, dengan kompetensi global.

Sehingga ia berharap, Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School yang memiliki posisi yang strategis ditambah dengan kemudahan akses infrastruktur, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Pendidikan sosial dan budaya di Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School sebagai sekolah rintisan dari Yayasan Khazanah Cahaya Iman, menurutnya sangat mendukung anak-anak yang ditumbuhkan dengan memiliki ruang ekspresi.

Hal tersebut ditunjang oleh dengan gedung Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School yang representatif di wilayah perguungan, serta ditambah ruang belajar yang dilengkapi dengan media pembelajaran yang lengkap dan berteknologi modern, laboratorium yang mendukung dalam bereksperimen, sarana olah raga, asrama sekolah, cafeteria, serta dapur dan ruang makan.

Begitu pula dalam kegiatan belajar mengajar. Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School menggunakan sistem bilingual yaitu dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di kelas.

Sehingga diyakini mampu menjawab tantangan mencetak anak bangsa yang memiliki komptensi global tanpa mengesampingkan akar budaya.

Selain itu,  pelajaran Bahasa Arab, Tahsin dan Tahfiz Al Qur’an sebagai mata pelajaran kekhususan sekolah, menjadikan siswa bukan hanya paham soal budaya dan budi pekerti, tapi juga kuat dengan nilai-niai agama Islam.

Halaman
12

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved