Breaking News:

Blog Tribunners

Manfaat Tersembunyi Daun Pepaya: Bisa untuk Menyembuhkan Demam Berdarah

Daun pepaya ternyata memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu sebagai obat untuk mempercepat penyembuhan penyakit demam berdarah.

TRIBUNNEWSBOGOR.COM/ VIVI FEBRIANTI
Oseng daun pepaya 

TRIBUNNERS - Di balik rasanya yang pahit daun pepaya ternyata memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu sebagai obat untuk mempercepat penyembuhan penyakit  demam berdarah.

Demam berdarah merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue dari genus Flavivirus, famili Flaviviridae.

Demam berdarah ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk Aedes yang terinfeksi virus Dengue. Penyakit ini ditemukan di daerah tropis dan sub-tropis, dan menjangkit luas di banyak negara di Asia Tenggara.

Demam berdarah masih menjadi masalah utama kesehatan diIndonesia.

Hal ini dikarenakan Jumlah penderita demam berdarah  dan luas daerah penyebarannya semakin bertambah seiring dengan meningkatnya mobilitas dan kepadatan penduduk.

Oleh karena itu selain dilakukan pencegahan demam berdarah diperlukan juga obat untuk mengatasi demam berdarah.

Daun pepaya memiliki kandungan senyawa antara lain alkaloid carpaine , pepain, flavonoid, saponin, violaksantin, tanin dan caricaksantin.

Di samping itu di dalam daun pepaya terdapat enzim - enzim seperti papain , nikotin, miosmin, pseudokarpin, kontinin, dan karpain.

Kombinasi kandungan senyawa dan enzim enzim dalam daun pepaya inilah yang dapat melemahkan dan membunuh virus DBD sehingga akan meningkatkan jumlah trombisit sehingga tubuh kembali normal.

 

Selengkapnya

Penulis: Luthfiya Khaerun Nisa
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved