Blog Tribunners

4 Makanan Ini Efektif Atasi Diare Secara Cepat

Makanan untuk penderita diare yang terbaik yaitu yang memiliki sifat mudah dicerna, memiliki efek mengentalkan feses.

4 Makanan Ini Efektif Atasi Diare Secara Cepat
ISTIMEWA
Kulit pisang 
TRIBUNNERS - Seperti kita ketahui diare merupakan gangguan pencernaan (baca: penyakit diare ), maka erat kaitannya dengan makanan yang kita konsumsi.
Ada makanan yang menyebabkan diare menjadi parah, disisi lain ada makanana yang baik bahkan dianjurkan saat diare.
Makanan untuk penderita diare yang terbaik yaitu yang memiliki sifat mudah dicerna, memiliki efek mengentalkan feses, dan memenuhi kebutuhan cairan. Sedangkan makanan pantangan diare yang harus dihindari yaitu yang bersifat susah dicerna, membuang cairan tubuh, dan mengiritasi saluran pencernaan sehingga memperparah diare.
Mari kita mulai dengan makanan anjuran untuk penderita diare yang terbukti efektif membantu meringankan dan mempercepat pemulihan, berikut makanan yang baik dikonsumsi saat diare:
1. Bubur, roti panggang atau biskuit
Makanan seperti bubur, roti panggang dan biskuit disarankan karena lebih mudah dicerna dan juga lembut sehingga membuat lambung tidak perlu bekerja keras untuk menyerapnya.
2. Buah Apel dan Pisang
Untuk buah-buahan, pisang dapat menjadi makanan alternatif karena memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan memberikan cadangan energi yang bisa dengan cepat diolah tubuh. Selain itu bisa mengkonsumsi apel yang diparut karena mengandung pektin.
Pektin adalah senyawa polisakarida yang bisa larut dalam air dan membentuk cairan kental yang bernama mucilage/mucilagines yang berfungsi melapisi dinding usus.
3. Yogurt
Walau yogurt merupakan makanan turunan dari produk susu, namun baik untuk penderita diare karena yogurt mengandung bakteri baik yang akan membantu sistem pencernaan menjadi lancar. Namun saat-saat awal mengalami diare sebaiknya jangan langsung mengkonsumsi yogurt karena biasanya makanan ini cukup asam.
4. Cairan mengandung elektrolit
Saat diare, masalah yang paling krusial adalah tubuh kehilangan banyak cairan dan dapat menyebabkan dehidrasi. Untuk itu disarankan untuk minum cairan yang mengandung elektrolit ataupun kaldu.
Untuk mencegah diare dan penyebarannya, sebaiknya beberapa hal ini dilakukan: Pertama, cuci sayuran dan buah-buahan sebersih mungkin sebelum dimasak atau dikonsumsi.
Kedua, hanya minum air yang telah dimasak. Ketiga, mencuci tangan dengan sabun setelah buang air dan sebelum makanan. Terakhir, pisahkan makanan mentah dan makanan matang yang ada di kulkas dan jangan lupa membungkusnya dengan rapat sehingga bakteri tidak tersebar.

Selengkapnya

Penulis: rinda septiani
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved