Tribunners / Citizen Journalism

Pilpres 2019

#2019GantiPresiden Vs #Jkw2Periode, Rakyat Jadi Korban

Namun, psy war (perang urat syaraf) sudah sejak jauh hari dimulai, antara yang pro-petahana Presiden Jokowi dua periode dan yang pro-ganti presiden.

#2019GantiPresiden Vs #Jkw2Periode, Rakyat Jadi Korban
Tribunnews.com
Sumaryoto Padmodiningrat.

Oleh: Sumaryoto Padmodiningrat

TRIBUNNEWS.COM - Kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, yang akan diikuti dua pasangan calon presiden-wakil presiden, Joko Widodo-KH Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, baru akan dimulai pada 23 September 2018.

Namun, psy war (perang urat syaraf) sudah sejak jauh hari dimulai, antara yang pro-petahana Presiden Jokowi dua periode dan yang pro-ganti presiden.

Di dunia maya terjadi perang tanda pagar (tagar) antara #2019GantiPresiden versus #Jkw2Periode. “Perang” bahkan tidak hanya terjadi di dunia maya, tetapi juga di dunia nyata. Rakyat pun menjadi korban.

Di dunia maya, terutama media sosial (medsos), kini bertebaran heat speech (ujaran kebencian), hoax (berita bohong), dan postingan bernuansa SARA (suku, agama, ras dan antargolongan) yang dapat memecah-belah bangsa.

Materinya pun sama seperti menjelang Pilpres 2014 alias “lagu lama diputar kembali”. Kubu Jokowi diserang dengan isu komunisme, pro-asing dan Aseng, serta isu baru, yakni utang luar negeri yang menggunung.

Sedangkan kubu Prabowo diserang dengan isu pelanggaran hak asasi manusia (HAM) tahun 1997-1998 semasa menantu Presiden Soeharto itu menjabat Komandan Jenderal Kopassus dan Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad).

Juga isu khilafah karena Prabowo didukung Front Pembela Islam (FPI), dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang sudah dibubarkan itu.

Bertebarannya heat speech, hoax dan isu SARA tentu saja merampas hak publik untuk mendapatkan ketenangan dan kenyamanan di dunia maya, sehingga rakyat menjadi korban.

“Perang” di dunia nyata juga terjadi antara yang pro-#Jkw2Periode dan #2019GantiPresiden, dengan melibatkan massa, seperti terjadi di Serang, Surabaya, Pekanbaru, Pontianak, dan Pangkalpinang.

Halaman
123
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved