Tribunners / Citizen Journalism

Gugatan Prabowo dan Strategi Sun Tzu

Tim kuasa hukum Prabowo-Sandi yang diketuai mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto mengajukan 51 bukti.

Gugatan Prabowo dan Strategi Sun Tzu
Ist/Tribunnews.com
Sumaryoto Padmodiningrat. 

Oleh: Sumaryoto Padmodiningrat

TRIBUNNEWS.COM - Akhirnya, pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, mengajukan gugatan atas hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (24/5/2019) malam sekitar pukul 22.35 WIB atau pada injury time penutupan pendaftaran pukul 24.00 WIB.

Tim kuasa hukum Prabowo-Sandi yang diketuai mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto mengajukan 51 bukti.

Laporan dugaan kecurangan terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) yang pernah ditolak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun diajukan kembali.

Akankah Prabowo-Sandi yang tertinggal 16,9 juta suara dari petahana Presiden Joko Widodo yang berpasangan dengan KH Maruf Amin mampu membalik keadaan? Kita tidak tahu pasti.

Yang jelas, Ketua MK Anwar Usman menjamin sembilan hakim MK akan independen dalam menyidangkan perkara gugatan pasangan calon nomor urut 02 atas pasangan calon nomor urut 01 itu.

BW, panggilan akrab Bambang Widjojanto, juga berharap MK tidak menjadi “mahkamah kalkulator”, dan tidak pula menjadi bagian dari rezim korup, sebuah narasi yang cukup mengintimidasi MK bila menolak gugatan Prabowo.

Kalah atau menang, itu soal biasa dalam sebuah kontestasi (perang). Yang terpenting, bagi yang menang, kemenangan itu diraih dengan cara ksatria, sportif, terhormat dan bermartabat, bukan dengan cara-cara culas.

Bagi yang kalah, kekalahan itu ia alami tanpa ada kecurangan. Dengan kata lain, “menang tanpa ngasorake, kalah tanpa wirang”. Untuk membuktikan semua itu, MK-lah arenanya, bukan yang lain.

Sebab itu, kita mengapresiasi langkah Prabowo-Sandi yang mengajukan gugatan ke MK.

Halaman
1234
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved