Tribunners / Citizen Journalism

Yang Muda yang Berkiprah

“Berilah aku sepuluh pemuda maka aku akan mengguncang dunia,” kata Soekarno, Presiden I RI, 18 Agustus 1945-12 Maret 1967.

Yang Muda yang Berkiprah
Ist/Tribunnews.com
Sumaryoto Padmodiningrat. 

Oleh: Sumaryoto Padmodiningrat

TRIBUNNEWS.COM - “Berilah aku sepuluh pemuda maka aku akan mengguncang dunia,” kata Soekarno, Presiden I RI, 18 Agustus 1945-12 Maret 1967.

Ungkapan populer Bung Karno (6 Juni 1961-12 Juni 1970) itu tampaknya patut untuk direnungkan kembali oleh para kader PDI Perjuangan, terutama Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri (72), menjelang Kongres PDIP sekarang ini.

PDIP dijadwalkan menggelar Kongres V pada 8-10 Agustus 2019 atau dipercepat dari jadwal semula Januari 2020, lebih cepat dari pelantikan calon presiden terpilih Pilpres 2019 pada 20 Oktober 2019.

Kongres yang akan digelar di Bali itu akan memilih Ketua Umum PDIP. Mengapa dipercepat? Dalihnya untuk mempercepat regenerasi.

Memilih ketua umum? Apakah kongres kali ini akan mengukuhkan kembali Megawati sebagai ketua umum sebagaimana dalam tiga kongres sebelumnya, atau memilih nama baru sebagai ketua umum?

Kita tidak tahu pasti. Yang jelas, kalangan internal PDIP lebih menyerahkan hal tersebut kepada Megawati. Putri Bung Karno itu diberikan semacam hak prerogratif.

Mau menjabat lagi dipersilakan, mau memilih orang baru juga dipersilakan. Di sinilah hebatnya PDIP, menempatkan Megawati sebagai tokoh sentralistik sekaligus kharismatik.

Akan tetapi, partai politik pun terikat hukum alam atau sunnatullah. Seperti matahari, seorang tokoh pun ada waktunya terbit dan ada waktunya pula terbenam, tak bisa terus-menerus berada di titik tertentu.

Bumi akan terus berputar. Setiap tokoh ada masanya, setiap masa ada tokohnya. Biarlah yang muda yang berkiprah.

Halaman
1234
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved