Tribunners / Citizen Journalism

Gaung FFI Makin Memudar, Kenapa?

Penyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI) dari tahun ke tahun tidak mengalami perubahan. Bahkan kecenderungannya gaung dan kesakralannya terus men

Gaung FFI Makin Memudar, Kenapa?
foto: Dudut Suhendra Putra
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. Marie Pangestu bersama Tio Pakusadewo dan Conny Sutedja semangat mengikuti Pawai Artis jelang FFI Yogyakarta 2012 

Oleh: Sutrisno Buyil

Penyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI) dari tahun ke tahun tidak mengalami perubahan. Bahkan kecenderungannya gaung dan kesakralannya terus menurun.

Sejak perfilman dipindahkan dari Kementerian Pariwisata ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sesuai harapan insan film.

Pola penyelenggaraan terus diinovasi dengan harapan bisa berkembang dan akhirnya FFI bisa menjadi barometer perkembangan industri film Indonesia.

Beberapa waktu lalu Komite Festival Film Indonesia (FFI) meluncurkan Piala Citra 2019 yang berlangsung di Aria Ballroom, The Tribrata, Jakarta Selatan pada Senin (23/9/2019).

Konon ada seratus lebih undangan menghadiri acara itu, sebagian besar wartawan yang diundang untuk meliput.

Semestinya lebih banyak wartawan yang berminat meliput, tetapi pihak pengundang tidak merespon sama sekali wartawan yang melakukan konfirmasi.

“Humasnya tidak merespon konfirmas. Mungkin karena bukan dari media terkenal, ya wislah gak udah datang. Ora pateken!” kata seorang wartawan hiburan dengan logat Jawanya yang medok.

Seorang wartawan lain yang diundang lewat email juga diperlakukan berbeda dengan wartawan lain yang datang, karena, katanya, panitia sepertinya melihat “kasta” media yang datang.

"Mungkin karena panitia nya artis top semua, jadi diundang atau tidak wartawan akan datang dan menulis berita. Padahal secara etika, kalau nggak diundang kita segan mau datang. Padahal sebagai wartawan yang meliput industri film lebih dari dua puluh tahun. Saya ingin meliput dan menulis, tapi karena nggak diundang bagaimana?" 

Halaman
123
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved