Tribunners / Citizen Journalism

Pola Baru Komunikasi Rakyat dan Negara

Secara normatif penguasa negara bersama aparatnya adalah pihak yang paling bertanggung jawab di dalam menghadapi masalah yang terjadi di masyarakat

Pola Baru Komunikasi Rakyat dan Negara
TRIBUN MANADO/ANDREAS RUAUW
Ilustrasi 

OLEH : Patricia Leila Roose

Secara normatif penguasa negara bersama aparatnya adalah pihak yang paling bertanggung jawab di dalam menghadapi masalah yang terjadi di masyarakat, negara dan bangsanya.

Baik dia disebut sebagai Raja atau istilah lainnya dalam pandangan klasik selalu disimpulkan sebagai yang maha kuat, sakti, penyayang dan bijak.

Selama berabad- abad mitos semacam ini sangat kuat diyakini baik para penguasa maupun sebagian besar rakyatnya.

Dari simbol-simbol negara, pakaian para pemimpin dan kekuasaan besar yang dimilikinya, memperkuat satu realitas politik dalam hubungan rakyat dan penguasa negara.

Pada masa itu umumnya para Raja juga ikut memimpin langsung operasi-operasi militer, diantara mereka juga menulis karya sastra, memimpin tim dalam pengumpulan bahan- bahan dan menyusunnya. Seperti pengalaman kaisar di China.

Dalam relasi timpang antara rakyat dan penguasa maka semua soal diambil alih oleh penguasa negara sementara rakyat seminim mungkin untuk bisa mengetahui apa-apa yang akan terjadi di negaranya.

Memasuki era pencerahan bergeserlah pola hubungan rakyat dan negara, atau yang sering disebut gelombang demokrasi. Kalau pada jaman sebelumnya, pemimpin memiliki 2 sumber legitimasi baik dari Tuhan maupun dari rakyatnya.

Sekarang berubah basis legitimasinya bahwa pemimpin dipilih oleh rakyat. Hal ini mengindikasikan ada keseimbangan antara kuasa rakyat dan kuasa negara.

Konsekuensi dari tatanan baru tersebut, pengetahuan rakyat dan negara memungkinkan menjadi seimbang. Apalagi setelah Hak Asasi Manusia menjadi dialog sehari-hari warga negara di belahan bumi manapun.

Halaman
123
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved