Tribunners / Citizen Journalism

Habis Terang Terbitlah Gelap

Melihat cara dan gaya orang Indonesia dalam melihat sejarah secara umum bisa dibedakan antara kelompok orang yang sekedar melihat " tokoh"

Oleh: Patricia Leila Roose

Melihat cara dan gaya orang Indonesia dalam melihat sejarah secara umum bisa dibedakan antara kelompok orang yang sekedar melihat " tokoh" dalam peristiwa dan orang yang melihat " pokok" dalam peristiwa.

Orang-orang Indonesia seperti kebanyakan negeri dunia ketiga lainnya, lebih melihat tokoh peristiwa daripada pokok peristiwa.

Maka tidak mengherankan umumnya orang Indonesia mengenal dengan baik tokoh dalam sejarah dan bukan pokok dalam sejarah.

Sebagai ciri dalam masyarakat feodal lebih melihat, mengagungkan dan mengagumi tokoh dibanding pokok di dalam peristiwa itu.

Cara pandang demikian memiliki beberapa kelemahan antara lain; konsentrasi melihat sepak terjang sang tokoh dan apa yang menjadi gaya serta kontroversi dari tokoh tersebut.

Inilah barangkali yang menyebabkan sesuatu yang muncul berwujud pikiran, konsep dan penalarannya, tidak pernah diingat dan dipikirkan.

Barangkali karena pola klien-patron yang kuat di dalam masyarakat Indonesia dan kebiasaan memperdebatkan ide masih belum menjadi budaya kita.

Tapi di dalam masyarakat yang lebih rasional cenderung melihat "pokok" peristiwanya. Yaitu mengedepankan pergulatan pemikiran yang terjadi, polemik ide dengan siapa, tantangan-tantangan apa yang dihadapi serta gagasan revolusioner apa yang pernah dilahirkan.

Jadi posisi tokoh menurut cara pandang ini hanya dilihat sebagai bagian dari pergulatan peristiwa. Maka tidak heran apabila di dalam menentukan dan menetapkan hari besar nasional di Indonesia, pendekatan yang dipakai lebih menekankan pada tokoh atau heroisme di dalam peristiwa itu, dan tidak menempatkan pokok peristiwa sebagai penentuan hari besar nasional.

Halaman
12
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved