Tribunners / Citizen Journalism

Proper Adalah Upaya Pemerintah Dorong Perusahaan di Indonesia Taat Pengelolaan Lingkungan Hidup

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan merupakan upaya pemerintah untuk mendorong perusahaan di Indonesia

Proper Adalah Upaya Pemerintah Dorong Perusahaan di Indonesia Taat Pengelolaan Lingkungan Hidup
Dok. Danone
Anugerah Proper Emas diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Maruf Amin kepada perwakilan Pabrik Aqua Mambal Bali dan Pabrik Aqua Klaten di Istana Wapres RI Jakarta, Rabu (8/1/2020). 

PROGRAM Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper) merupakan upaya pemerintah untuk mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk memiliki ketaatan dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan mengukur kinerja keberlanjutan Perusahaan melalui berbagai inisiatif yang telah dilakukan.

Peringkat kinerja Proper dibedakan menjadi lima warna yaitu Emas, Hijau, Biru, Merah dan Hitam. Untuk aspek ketaatan minimal adalah Biru, Merah dan Hitam.

Sedangkan kriteria penilaian aspek yang masuk kategori lebih dari yang dipersyaratkan (beyond compliance) adalah Hijau dan Emas.

Untuk periode 2018-2019 tercatat sebanyak 2050 perusahaan dari berbagai sektor industri mengikuti proses penilaian. Penerima Anugerah Proper Emas sebanyak total 26 perusahaan, termasuk Pabrik Aqua Klaten dan Pabrik Aqua Mambal.

Sedangkan penerima Anugerah Proper Biru untuk periode ini tercatat sebanyak 200 perusahaan dari seluruh Indonesia.

Setiap tahun sejak 2011, pabrik-pabrik di Aqua yang dinominasikan oleh Dinas Lingkungan Hidup setempat telah menjalani serangkaian proses penilaian untuk memastikan ketaatan terhadap peraturan pengelolaan lingkungan hidup.

Proses tersebut sekaligus mengukur kinerja inisiatif keberlanjutan yang sudah diimplementasikan perusahaan baik secara internal maupun eksternal.

Muhammad Azwar, Direktur Water Resources Nature and Process Technology (WRNPT) Danone-Aqua menjelaskan penilaian Proper diukur dari penerapan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam proses produksi dan jasa, penerapan sistem manajemen lingkungan, 3R (Reduce, Reuse, Recycle), efisiensi energi, konservasi sumber daya dan pelaksanaan bisnis yang beretika serta bertanggung jawab terhadap masyarakat melalui program pengembangan masyarakat.

"Hal tersebut selaras dengan Visi Danone yaitu One Planet One Health, dimana kami percaya bahwa kesehatan planet kita memiliki keterkaitan erat dengan kesehatan masyarakat," jelas Muhammad Azwar.

Halaman
12
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved