Tribunners / Citizen Journalism

'Corona Sebagai Peringatan Awal'

Wabah penyakit menular merupakan persoalan klasik kesehatan yang sudah sering terjadi sejak abad-abad lampau. Contohnya: Pes, Rabies, malaria, flu bur

'Corona Sebagai Peringatan Awal'
slashgear.com
Penyebaran, Gejala, dan Pencegahan virus corona/coronavirus 

OLEH: Patricia Leila Roose. SH,MH.

Wabah penyakit menular merupakan persoalan klasik kesehatan yang sudah sering terjadi sejak abad-abad lampau. Contohnya: Pes, Rabies, malaria, flu burung dan masih banyak lagi.

Yang membedakan yaitu diaspora pada masa lalu belum sedahsyat sekarang. Zaman teknologi modern ini diaspora yang sangat cepat ke seluruh dunia ikut mempengaruhi penyebaran penyakit secara cepat melintasi benua.

Dalam menghadapi virus corona hal yang nampak di permukaan adalah upaya dari beberapa pemerintah banyak negara untuk melakukan evakuasi terhadap warganya yang tinggal di Wuhan dan sekitarnya. Tapi langkah- langkah untuk mengirim bantuan, mengirimkan tim ahli dari beberapa negara belum terlihat.

Adakah hambatan dari otoritas pemerintah China untuk mencoba menangani masalahnya sendiri, sebagai bukti negara adidaya?! Atau memang ada hambatan- hambatan yang resiko nya lebih tinggi dari lembaga negara atau lembaga internasional lain yang fokus dan ahli dibidang kesehatan.

Bagaimanakah cara membangun solidaritas baru masyarakat dunia untuk mau secara sukarela bersama- sama menangani wabah, agar muncul gerakan seperti menghadapi terorisme dan penanganan bencana alam. Tanpa melihat wilayah asal wabah penyakit berada, di negara kaya atau miskin, agamanya apa dan ideologinya apa.

Sudah seharusnya ada tata kelola baru yang menempatkan wabah penyakit menular yang sudah menjadi trend global itu sebagai masalah kemanusiaan yang tidak mungkin bisa ditangani oleh satu dua negara kaya saja. Tanpa upaya-upaya ini dampak wabah akan ikut memperkeruh resesi ekonomi global yang sudah di depan mata kita.

Kasus- kasus yang muncul di Indonesia terkait wabah corona masih menunjukkan kesan kuatnya cara - cara menyelamatkan diri sendiri di dalam mengatasi dan menangani wabah corona tersebut. Pemerintah mestinya segera mengambil langkah berdasarkan mandat undang- undang dan peraturan yang terkait.

Untuk melakukan sosialisasi ke segenap warga karena merupakan hak setiap orang untuk mengerti dengan jelas tentang penyakit menular itu. Pemberian informasi yang kurang lengkap oleh pemerintah menimbulkan kesimpang-siuran informasi yang diterima oleh warga.

Pernyataan ketua umum PB IDI yang mengatakan bahwa kita belum punya vaksin yang mampu mengatasi wabah corona dan baru akan menguji cobakan vaksin tiga bulan kedepan.

Halaman
12
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved