Tribunners / Citizen Journalism

Atasi Masalah Banjir Atau Gelar Formula E, Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Sebagian besar netizen bahkan kembali membanding-bandingkan banjir ini dengan rencana gelaran Formula Electrik pertengahan tahun ini.

Atasi Masalah Banjir Atau Gelar Formula E, Mana Yang Lebih Menguntungkan?
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Warga melintasi banjir yang menggenangi Jalan Bendungan Hilir, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Tingginya intensitas hujan mengakibatkan sejumlah wilayah di ibu kota terendam banjir. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

OLEH: Steven Setiabudi Musa

BANJIR! Banjir lagi! Anies Baswedan dihujat lagi. Gubernur DKI Jakarta ini menjadi tumpuan caci maki para netizen. Jagat dunia maya kembali disesaki aroma kebencian, terlebih karena banjir besar yang melanda ibu kota untuk kedua kalinya di awal 2020 ini.

Sebagian besar netizen bahkan kembali membanding-bandingkan banjir ini dengan rencana gelaran Formula Electrik pertengahan tahun ini.

Aspal untuk balap mobil listrik Formula E mulai dipasang di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (22/2/2020)
Aspal untuk balap mobil listrik Formula E mulai dipasang di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (22/2/2020) (KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI)

Dengan kondisi banjir di Jakarta saat ini, aneh sekali rencana menggelar balap mobil Formula E belum juga dibatalkan atau dipindahkan lokasinya dari Monas.

Padahal, sesuai UU dan pergub, Monas dilindungi sebagai cagar budaya yang tidak boleh diganggu keindahannya.

Yang mengherankan lagi, biaya penyelenggaraan sebesar Rp 1,6 Triliun diambil dari APBD, sementara pemasukan diperkirakan sebesar Rp 500 Miliar.

Itu pun sumber pemasukannya belum jelas. Dalam pembicaraan orang bisnis, ini namanya bunuh diri.

Sejauh ini, di internal DPRD DKI Jakarta sendiri, masih ada dua partai yang mendukung "proyek mercusuar" Anies ini. Mereka juga tetap ngotot Formula E harus digelar Juni 2020 nanti.

Lebih mengherankan lagi, ada partai yang dulu begitu peduli dengan bantuan kemanusiaan, kali ini mendukung acara balap mobil yang tidak ada manfaatnya bagi para korban banjir.

Apalagi, harga tiket ratusan ribu rupiah yang tentu tidak akan terjangkau oleh masyarakat luas.

Halaman
1234
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved