Tribunners / Citizen Journalism

Virus Corona

Ada LO di Antara Gugus Tugas Covid-19

Tidak banyak yang tahu, di balik kepak kiprah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, tak lepas dari peran sejumlah purnawirawan

Istimewa
Tidak banyak yang tahu, di balik kepak kiprah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, tak lepas dari peran sejumlah purnawirawan perwira tinggi TNI-Polri. Satu di antaranya adalah Mayjen TNI (Purn) Komaruddin Simanjuntak. 

Oleh: Egy Massadiah

TRIBUNNERS - Tidak banyak yang tahu, di balik kepak kiprah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, tak lepas dari peran sejumlah purnawirawan perwira tinggi TNI-Polri.

Satu di antaranya adalah Mayjen TNI (Purn) Komaruddin Simanjuntak, SIP, M.Sc.

Lulusan Akmil 1985 ini adalah salah satu yang diminta bantuannya oleh Ketua Gugus Tugas Doni Monardo. Ia, dan sejumlah purnawiratan perwira tinggi TNI-Polri lainnya, diminta mengemban tugas sebagai LO (liaison officer) Gugus Tugas di sejumlah provinsi: DKI Jakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara, Banten, dan beberapa provinsi lain.

Terbukti, peran mereka sangat sentral dan strategis dalam menjembatani peran dan fungsi Gugus Tugas di daerah-daerah. Kehadiran mereka, dalam beberapa hal, seperti menjadi representasi kehadiran Doni Monardo di daerah.

Tak heran jika kemudian, para kepala daerah atau para kepala gugus tugas di daerah menjadi lebih semangat dan terpacu untuk bekerja lebih giat.

Baca: Gugus Tugas: Jangan Diinterpretasikan Covid-19 Sudah Melandai Meski Bulan Mei Trennya Menurun

Baca: Percakapan Terakhir Didi Kempot Dengan Letjen Doni Monardo

Para LO, mengemban tugas yang tidak sederhana. Jika disederhanakan, tugas itu adalah memastikan semua program Gugus Tugas terlaksana dengan baik. Bukan hanya itu, semua hal yang menjadi fokus Gugus Tugas, juga menjadi fokus di daerah-daerah.

Termasuk, memastikan terdistribusikannya APD (Alat Pelindung Diri) secara cepat dan tepat sasaran. Para LO juga secara berkala melakukan pantauan langsung ke rumah sakit-rumah sakit rujukan pasien Covid-19. Pada saat bersamaan, juga mencari feed-back segala sesuatu yang diperlukan dan harus segera direspon secara cepat oleh pusat.

Seperti kehadiran rekan Komaruddin Simanjuntak, yang bertugas di wilayah Ibukota Jakarta, yakni Mayjen TNI (Purn) Afanti S. Uloli, SE, M.Si, mantan Deputi Sistem Nasional Wantannas.

Di sisi lain, pilihan Doni Monardo kepada beberapa para LO tadi disertai kriteria yang jelas dan teruji. Komarudin Simanjuntak misalnya, dia juga aktif membantu Doni di BNPB sebagai Tenaga Ahli. Tak heran jika dalam menjalankan misinya, mantan Aster Kasad ini langsung tune in.

Baca: Penelitian Dosen Unair: Puncak Penularan Virus Corona Pertengahan Mei, Mereda di Awal Agustus

Halaman
123
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved