Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Pandemi Jangan Dijadikan Momen Politik Jelang Pilkada

Masyarakat sedang susah dan berat hidupnya secara perekonomian. Jangan sampai, situasi tersebut dimanfaatkan oleh para aktor politik.

Wartakota
Ilustrasi- Pilkada Serentak 2020 

Oleh: Novli B Thyssen SH, Ketua KIPP Jawa Timur

TRIBUNNEWS.COM - Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) mengingatkan kepala daerah 19 kabupaten/kota di Jawa Timur yang mempunyai jadwal pelaksanaan pilkada tahun 2020 untuk tidak memanfaatkan situasi pandemi untuk kepentingan pilkada serentak 2020.

Potensi Kepala Daerah untuk menyalahgunakan kewenangannya sangat besar sekali mengingat kapasitasnya sebagai pengambil kebijakan daerah.

Penyalahgunaan kewenangan ini bisa dalam bentuk alokasi sumber daya manusia dalam kapasitas posisi dan jabatan yang strategis berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat.

Semisal penempatan seseorang pada pokja atau tim gugus tugas daerah penanganan covid 19.

Dalam penempatan posisi strategis tersebut diduga ada kepentingan menyosialisasikan calon kepala daerah kepada masyarakat.

Baca: Apresiasi Sikap Komite I, Pimpinan DPD Evaluasi Proses Pilkada Desember

Baca: Jika Kepala Daerah Tidak Kooperatif dalam Pengalokasian Dana Pilkada, Ini Penjelasan Kemendagri

Penempatan pada jabatan posisi trategis itu dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan interaksi sosial dengan masyarakat sekaligus menyosialisasikan diri dalam bingkai pelaksanaan tugas jabatan untuk kepentingan pilkada kedepan.

Selain itu, penyalahgunaan kewenangan bisa dalam bentuk mutasi jabatan/pengantian jabatan pada organ-organ pemerintahan yang menjadi desain kepentingan pemenangan pilkada nanti.

Dalam pasal 71 ayat 3 undang undang 10 tahun 2016 disebutkan, Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Wali Kota atau Wakil Wali Kota dilarang mengunakan kewenangan, program, dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

Baik di daerah sendiri maupun di daerah lain dalam waktu enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan penetapan pasangan calon terpilih.

Halaman
123
Editor: Sri Juliati
Sumber: TribunSolo.com
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved