Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Sejarah Nusantara

Jejak Bencana dan Wabah Penyakit Masa Lampau Menurut Prasasti dan Sumber Sejarah Kuno

Candi Borobudur ketika terkuak dan dibersihkan, terlihat kerusakannya lebih banyak diakibatkan gempa bumi.

zoom-inlihat foto Jejak Bencana dan Wabah Penyakit Masa Lampau Menurut Prasasti dan Sumber Sejarah Kuno
Koleksi Pribadi Goenawan A Sambodo
Goenawan A Sambodo, epigraf dan peneliti sejarah kuno Jawa, menunjukkan prasasti tamra atau tembaga di sebuah event kesejarahan

OLEH : GOENAWAN A SAMBODO, Epigraf & Ahli Sejarah Kuno

KISAH bencana dan wabah penyakit di masa lalu sangat menarik dikaji. Sekurangnya, ada yang terjadi masa kini, berlangsung pula di masa lampau.

Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat.

Goenawan A Sambodo, epigraf dan peneliti sejarah kuno Jawa, menunjukkan prasasti tamra atau tembaga di sebuah event kesejarahan
Goenawan A Sambodo, epigraf dan peneliti sejarah kuno Jawa, menunjukkan prasasti tamra atau tembaga di sebuah event kesejarahan (Koleksi Pribadi Goenawan A Sambodo)

Sebabnya, bisa faktor alam dan/atau faktor non-alam, maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Dilihat dari jenisnya, ada bencana alam, bencana non-alam, dan bencana sosial. Bencana alam peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan alam.

Antara lain gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor.

Foto situasi Gunung Merapi menjelang letusan 2006. Foto diambil pada 6 Juni 2006, asap solfatara mengepul cukup tebal dari puncak gunung.
Foto situasi Gunung Merapi menjelang letusan 2006. Foto diambil pada 6 Juni 2006, asap solfatara mengepul cukup tebal dari puncak gunung. (Koleksi Pribadi A Lesto P Kusumo)

Sebagai negara yang berada dalam cincin api Asia-Pasifik, Indonesia sangat rentan gempa bumi. Baik kekuatan besar ataupun kecil. 

Candi Borobudur ketika terkuak dan dibersihkan, terlihat kerusakannya lebih banyak diakibatkan gempa bumi. Bisa dilihat bagian dasar stupa yang naik ke atas, ada yang mleyot, eh melendut ke samping.

Entah gempa itu terjadi tahun berapa, namun hal itu salah satu penyebab rusaknya Borobudur.

Bagaimana berita dari prasasti? Seperti pernah ditulis JG Casparis, prasasti adalah tulang punggung utama penyusun sejarah kuno Indonesia.

Halaman
123
Editor: Setya Krisna Sumarga
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved