Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Sejarah Nusantara

Kitab Pararaton, Letusan Gunung Berapi, dan Tanda-tanda Bencana di Masa Kuno

Kejadian letusan gunung dalam Pararaton ternyata juga terekam di Nagarakrtama.Itulah saat penulis Nagarakrtagama mengingatkan Hayam Wuruk lahir.

zoom-inlihat foto Kitab Pararaton, Letusan Gunung Berapi, dan Tanda-tanda Bencana di Masa Kuno
Koleksi Pribadi Goenawan A Sambodo
Goenawan A Sambodo, epigraf dan peneliti sejarah kuno Jawa, menunjukkan prasasti tamra atau tembaga di sebuah event kesejarahan

OLEH : GOENAWAN A SAMBODO, Epigraf & Ahli Sejarah Kuno

BAGAIMANA kita mengetahui sejarah kebencanaan, semisal letusan gunung berapi di masa kuno. Adakah catatan lain terkait guntur atau peristiwa serupa ini?

Kitab Pararaton menuliskannya. Kitab ini bercerita tentang peradaban yang ada di Jawa bagian timur.

Pada saat itu, sebuah kejadian alam terutama yang berupa bencana besar, sering kali dihubungkan keberlangsungan pemimpin atau negara.

Bagian VIII disebutkan, “Guntur paluṅge i saka api-api-tangan-tunggal, 1233 (Gunung  Lungge meletus di tahun Saka “api – api – tangan – tunggal” 1233).

Sebagai catatan, saya tidak akan mengalihbahasakan bahasa Jawa kuno ke bahasa Indonesia karena mungkin pemaknaannya dalam angka menjadi berbeda).

Apa yang terjadi dengan negara waktu itu? Ternyata Sri Jayanagara menjadi raja di Majapahit.

Bagian IX Tumuli guntur – pabanyu – pindah i saka 1256 mengikuti letusan gunung (terjadilah banjir di tahun saka 1256) saat Gajah Mada menjadi mahapatih di Majapahit

“Tumuli hana gunung anyar i saka naga – leng – karnaning – wong, 1298 (perang Bubat). Tumuli guntur pamadasiha i saka resi – sunya – guna – tunggal, 1307 (tahun ketika Gajah Mada dan Hayam Wuruk meninggal dunia).

Kejadian letusan gunung yang disebutkan dalam Pararaton ternyata juga terekam di Nagarakrtama.

Halaman
1234
Editor: Setya Krisna Sumarga
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved