Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Manajemen Keuangan

Cara Bijak Atur Keuangan Keluarga Selama Pandemi Virus Corona

Pandemi virus corona membuat kita semakin sadar betapa pentingnya perencanaan keuangan. Banyak keluarga ceroboh mengelola keuangan, membuatnya rentan.

zoom-inlihat foto Cara Bijak Atur Keuangan Keluarga Selama Pandemi Virus Corona
Koleksi Pribadi Ida Puspitarini
Ida Puspitarini, dosen FE dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto memberikan tips praktis kelola keuangan keluarga di tengah pandemi corona

OLEH : Ida Puspitarini W SE MSi Ak CA, Dosen FE dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto

SATU di antara imbas dari pandemi Covid-19 adalah perekonomian keluarga. Beberapa keluarga mengeluh manajemen keuangan rumah tangganya menjadi ambyar karena penghasilan dari bisnis mereka menurun drastis.

Terlebih dengan adanya beberapa kegiatan yang harus dilakukan dari rumah, seperti school from home bagi anak-anak, maka dimungkinkan adanya pengeluaran ekstra yang harus dikeluarkan.

Jelas yang tidak bisa dielakkan adalah kuota internet dan tagihan listrik. Belum lagi pengeluaran terkait kesehatan, seperti pembelian suplemen kesehatan, masker dan hand sanitizer.

Berikut beberapa kiat yang bisa dilakukan supaya dampak financial ini bisa diminimalkan:

1.    Jangan Panik

Tetap tenang dalam menghadapi keadaan ini supaya kita tetap bisa berpikir jernih. Keadaan panik akan membuat kita sulit mencari jalan keluar atau bahkan membuat kita turut melakukan panic buying yang nantinya akan semakin membuat membengkaknya pengeluaran keluarga.

Denganmemilikipikiran yang jernih bisa jadi akan membuat kita semakin kreatif untuk membuat inovasi untuk mencoba bisnis baru yang berpotensi memberikan harapan sumber penghasilan baru.

2.    Lakukan Evaluasi Sumber Penghasilan

Kasus infeksi covid-19 di Indonesia hingga hari ini masih dalam jumlah yang relatif tinggi.

Halaman
1234
Editor: Setya Krisna Sumarga
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved