Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Pertanian Penyelamat RI dari Ancaman Resesi Ekonomi

Sayangnya, disituasi yang serba sulit, beberapa kementerian bekerja seperti biasa. Lama, berbelit, dan takut berbuat.

istimewa
Charles Meikyansah, Anggota Komisi IV DPR RI. 

Oleh: Charles Meikyansah, Anggota Komisi IV DPR RI

TRIBUNNERS - Ancaman resesi tengah mengahantui perekonomian global.

Negara-negara maju (Advanced Industiral Country) sedang mangalami situasi yang sulit tak tekecuali negara-negara emerging market seperti Indonesia.

Kabar baik akhir tahun 2019 tiba-tiba lenyap akibat pandemi.

Daya rusak pandemi terhadap ekonomi tidak hanya memukul sisi supply side tetapi demand side. Ekonomi macet dikedua sisi.

Baca: Fahri Hamzah Optimis Koperasi dan UMKM Jadi Penyelamat Indonesia dari Resesi Ekonomi

Maka jalan keluar harus benar-benar luar biasa (extra ordinary), pasar utama berhenti mengkonsumsi, begitu juga dengan negara-negara produsen berhenti berproduksi.

Banyak ekonom bersepakat bahwa mengatasi situasi yang sedemikian sulit ini harus menyelesaikan keduanya baik sisi permintaan dan penawaran. Dan hanya negara yang mampu, dengan cara memperbesar belanja pemerintah.

Maka ketika pembahasan panjang di DPR terkait refocusing anggaran yang sudah dibahas sejak sebelum pandemi, DPR mendukung penuh perluasan belanja negara dengan secara besar-besaran dan dengan cepat.

Karena hanya dengan belanja negara, ekonomi setidaknya tetap bergerak.

Baca: Direktur Riset Core Indonesia Sebut RI secara Teknikal Sudah Alami Resesi

Ada semacam mantara bad times makes good policy. Memang biasanya demikian, tapi melihat laporan BPS pada triwulan II (Q-Q) rasa-rasanya semangat untuk memperbesar belaja negara mentok pada implementasi. Bad times and Bad Implementation. Sebuah kombinasi yang mengecewakan.

Halaman
123
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved