Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Kolom Anwar Hudijono

Malik Fadjar, Sumur Tanpa Dasar Taman Laut Tanpa Tepi

Dan ternyata itulah ngaji terakhir saya kepada beliau. Sugeng kundur, Pak Malik. Semoga husnul khatimah. Amin

Kompas.com
Malik Fadjar. 

Oleh Anwar Hudijono

Sekitar tiga pekan lalu, seorang pimpinan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menelepon saya.

Dia mengundang saya untuk menjadi narasumber dalam kaitan rencana sejumlah dosen muda UMM yang ingin menulis tentang Pak Malik Fadjar.

“Teman-teman itu akan menulis tentang Pak Malik dengan pijakan buku panjenengan, Darah Guru Darah Muhammadiyah. Maka sudah seharusnya jika panjengan bisa memberikan panduan,” katanya.

Saya bersama kakak ipar saya, H Anshari Thayib memang menulis buku, “Darah Guru Darah Muhammadiyah Perjalanan Hidup Abdul Malik Fadjar”, diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas Februari tahun 2006. Penerbitan kedua oleh UMM Press tahun 2009.

Saya terharu. Nadi-nadi saya bergetar. Sudah sering kali saya diskusi dengan kalangan pimpinan UMM, Muhammadiyah, Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) untuk menulis lanjutan tentang Pak Malik. Tapi belum terealiasi.

Sekarang ada sejumlah dosen muda yang berminat hendak menulis Pak Malik. Dalam hati saya berdoa semoga kali ini tidak berhenti di gagasan.

Dalam monentum sejarah yang krusial, sering Allah memilih kalangan muda. Misalnya, Ali bin Abi Thalib yang menggantikan Rasulullah di tempat tidurnya ketika diserang kaum kafir Mekah.

Adalah seorang pemuda pula yang menyertai Musa belajar kepada Hidlir dalam sebuah momentum sejarah yang diabadikan Quran.

Allah juga memilih ashabul kahfi dalam drama kehidupan di dalam goa. Sebuah drama yang kemungkinan akan berulang secara substansial di akhir zaman.

Halaman
1234
Editor: Achmad Subechi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved