Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Mengembalikan Minat Siswa Menjadi Kutu Buku

Era digital menggerus minat generasi masa kini untuk rajin membaca buku. Mereka kebanyakan mencari sumber dari internet.

Istimewa
Teguh Widodo,M.Pd, Guru Bahasa Indonesia SMK Kesehatan BIM Ngawi 

Mengembalikan Minat Siswa Kembali Menjadi Kutu Buku

Oleh: TEGUH WIDODO,M.Pd, Guru bahasa Indonesia SMK Kesehatan BIM Ngawi

TRIBUNNEWS.COM - "Buku adalah jendela dunia " Itulah sebuah ungkapan atau kata mutiara yang selalu berkumandang di bangku sekolah. Sehingga keberadaannya benar-benar berharga laksana mata air di tengah gurun pasir.

Tingginya minat membaca buku seseorang berpengaruh terhadap wawasan, mental, dan prilaku seseorang.

Namun seiring berkembangnya jaman dan modernisasi keberadaan buku bergeser dan tergantikan oleh buku elektronik atau digitalisasi. Maka secara otomatis Semboyan itu bergeser menjadi "google adalah jendela dunia".

Sangat aneh kedengarannya namun inilah fakta yang terjadi. Teknologi boleh semakin maju, akan tetapi belum dapat dijadikan jaminan literasi akan berjalan baik pula.

Durasi waktu membaca orang Indonesia per hari rata-rata hanya 30-59 menit, kurang dari sejam. Sedangkan jumlah buku yang ditamatkan pertahun rata-ratahanya 5-9 buku.

Itu hasil penelitian Perputakaan Nasional tahun 2017. Kondisi itu, tentu jauh di bawah standar Unesco yang meminta agar waktu membaca tiap orang 4-6 jam perhari.

Minat membaca berbanding lurus dengan tingkat kemajuan pendidikan suatu bangsa. Kegiatan membaca merupakan hal yang sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa. Parameter kualitas suatu bangsa dapat dilihat dari kondisi pendidikannya. Pendidikan selalu berkaitan dengan kegiatan belajar (Harjasujana, 1997).

Gerakan literasi yang dikibarkan di mana-mana menjadi sebuah gerakan bom waktu yang menindas gemar baca buku. Sebutan anak milenial sekarang yang suka baca adalah " Kutu google bukan kutu buku".

Halaman
12
Editor: Husein Sanusi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved