Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

WHA dan Penanganan Pandemi Global

Pada 24 Mei 2021 dimulailah ajang tahunan kesehatan global terbesar, yaitu “World Health Assembly” (WHA).

HO/TRIBUNNEWS
Prof Tjandra Yoga Aditama - Guru Besar FKUI & Universitas YARSI.  - Mantan Direktur Penyakit Menular WHO SEARO dan Mantan Dirjen Pengendalian Penyakit & Kepala Badan Litbangkes Kemenkes RI 

Oleh: Prof Tjandra Yoga Aditama

Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI/ Guru Besar FKUI

Mantan Direktur WHO Asia Tenggara dan Mantan Dirjen P2P & Ka Balitbangkes

TRIBUNNEWS.COM - Pada 24 Mei 2021 dimulailah ajang tahunan kesehatan global terbesar, yaitu “World Health Assembly” (WHA).

Tahun ini adalah WHA ke 74 sejak WHO berdiri dan kali kedua yang diselenggarakan secara virtual, sesudah WHA ke 73 tahun yang lalu.

WHA setiap tahunnya biasa dihadiri Menteri Kesehatan dari seluruh anggota WHO dan para Menteri Kesehatan akan menyampaikan sambutannya masing-masing di hari-hari pertama sidang berskala dunia ini.

Saya pada waktu masih bertugas di Kementerian Kesehatan pernah mendampingi 4 orang Menteri menghadiri WHA ini, Ibu Siti Fadillah, Almarhumah Ibu Endang Rahayu Sedyaningsih,

Ibu Nafsiah Mboi dan Prof Nila Moeloek, dan tentu tahun ini team Kementerian Kesehatan kita juga akan sangat aktif berpartisipasi didalamnya sebagaimana peran penting Indonesia di diplomasi kesehatan global selama ini.

Acaranya biasanya selalu diselengarkan di bulan Mei setiap tahun karena cuaca di Jenewa sedang sangat baik dan bunga-bunga juga indah, yang tentu beda ceritanya di WHA virtual sejak tahun lalu itu.

Tahun ini WHA akan berlangsung dari 24 Mei sampai 1 Juni 2021, selama 1 minggu. Beberapa tahun yang lalu WHA dilakukan 2 minggu, tapi sejak merebaknya wabah Flu Burung maka lalu dipersingkat menjadi 1 minggu karena para Menteri Kesehatan dan pejabat Kementerian Kesehatan negara masing-masing biasanya tidak bisa lama-lama meninggalkan pekerjaan di negaranya.

Halaman
1234
Editor: Alfin Wahyu Yulianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved