Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Desa Mengisi Kemerdekaan

Perangkat menjadi unsur penting dari birokrasi pemerintahan desa, selain kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa.

Editor: Content Writer
Istimewa
Usep Setiawan, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden. 

Oleh Usep Setiawan, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden

TRIBUNNEWS.COM - Hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 membawa kita pada pemikiran mengenai pentingnya menempatkan desa sebagai pusat pembangunan nasional di Indonesia. Tulisan ini memusatkan ajakan untuk memperkuat peran perangkat desa mengisi kemerdekaan melalui aksi pembangunan desa.

Perangkat menjadi unsur penting dari birokrasi pemerintahan desa, selain kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa.

Seluruh komponen pemerintahan desa ini bekerja mewujudkan keadilan dan menjalankan pembangunan di pelosok nusantara. Jika kepala desa mempunyai wadah Apdesi, sementara BPD terafiliasi dalam APBPDSI, perangkat desa berkumpul dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI).

Posisi perangkat desa

Desa perlu dibaca sebagai kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah, yang berwenang mengatur serta mengurus kepentingan masyarakat. Pengaturan itu berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat, yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan NKRI dan berada di kabupaten/kota.

Secara khusus, desa dibentuk atas prakarsa masyarakat dengan memperhatikan asal-usul desa dan kondisi sosial budaya lokal.

Posisi desa bukanlah bawahan kecamatan, sebab kecamatan adalah bagian dari perangkat daerah kabupaten/kota. Desa bukan menjadi bagian dari perangkat daerah. Berbeda dengan kelurahan, desa memiliki hak mengatur wilayahnya lebih luas.

mendes pdtt petani padi
Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi, A Halim Iskandar, berbincang-bincang dengan petani padi.

Sementara itu, perangkat desa bertugas membantu kepala desa dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya. Perangkat desa terdiri dari sekretaris desa dan perangkat desa lainnya. Sekretaris desa diangkat bupati/walikota.

Perangkat desa lainnya diangkat oleh kepala desa, berasal dari warga desa sendiri, dan ditetapkan dengan kepala desa. Tak heran, perangkat desa mempunyai tugas mengayomi kepentingan masyarakat.

Halaman
1234

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved