Tribunners / Citizen Journalism

Mangrove Indonesia untuk Perubahan Iklim Dunia

Kehutanan juga ternyata menyumbang porsi terbesar di dalam target penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dengan kontribusi sekitar 60%

Editor: Toni Bramantoro
ist
Ilustrasi Hutan Mangrove 

OLEH: Muda Saleh

HUTAN MASIH MENJADI salah satu sumber kehidupan bagi manusia. Dimana sektor ini merupakan tempat sumber daya alam yang tersimpan di dalamnya.

Indonesia sendiri merupakan satu dari tiga negara, yakni Brazil dan Kongo, yang memiliki hutan tropis terbesar di dunia. Itu artinya kekayaan alam Indonesia sangat luar biasa, terutama dari sektor kehutanan.

Sebagai informasi, kehutanan juga ternyata menyumbang porsi terbesar di dalam target penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dengan kontribusi sekitar 60 persen dalam pemenuhan target netral karbon atau net-zero emission.

POTENSI MANGROVE UNTUK PERUBAHAN IKLIM

Bicara hutan, tentunya tak lepas dari salah satu jenis pohon yang memiliki potensi paling tinggi dalam melakukan perubahan iklim, yakni mangrove.

Namun, taukah anda...bahwa keistimewaan mangrove adalah, dimana pohon ini bisa menyimpan cadangan karbon 4 sampai 5 kali lebih besar dari tanaman hutan di daratan. Sehingga jika semakin banyak lahan mangrove yang dibuka, maka semakin membantu dalam pengendalian iklim.

Saat ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sendiri ditunjuk sebagai penanggung jawab dalam penyusunan peta tematik mangrove berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 23 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 9 tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan kebijakan satu peta pada tingkat ketelitian 1:50.000. 

Diketahui, hasil analisis data menunjukkan, terdapat perubahan luasan yang cukup signifikan luas eksisting mangrove dari Peta Mangrove Nasional (PMN) 2013-2019  sebesar 3,311,245 Ha, dan hasil pemutakhiran PMN di tahun 2021 menjadi seluas 3.364.080 Ha.

Bisa dikatakan, dari data tersebut terdapat kenaikan luasan mangrove eksisting seluas 52.835 Ha. Kenaikan ini menunjukkan indikasi positif dalam upaya konservasi ekosistem mangrove di Indonesia.

Halaman
12

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved