Tribunners / Citizen Journalism

Potensi Baru Untuk Operator Tumbuh

Pertumbuhan ekonomi Indonesia akan akan ditopang lima sektor yang kini digeluti startup, edukasi, keuangan inklusif, kesehatan

Editor: Hendra Gunawan
Free Press Journal
Ilustrasi l 

Oleh Moch S Hendrowijono *)

OPTIMISME di tengah kegelisahan masyarakat akibat naiknya harga bahan bakar yang disubsidi disuarakan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G Plate pekan lalu di Bali. Adalah ekonomi digital yang digadang-gadang menjadi pendongkrak pertumbuhan ekonomi bangsa.

Ekonomi digital pada 2021 yang katanya sudah mencapai 70 miliar dolar AS akan tumbuh menjadi 315 miliar dolar AS pada 2030, bertumpu pada UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) serta startup (perusahaan rintisan) yang diaktifkan secara digital.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia akan akan ditopang lima sektor yang kini digeluti startup, edukasi, keuangan inklusif, kesehatan, rantai pasok dan energi terbarukan.

Para ahli sepakat, di tataran ekonomi digital sejatinya pertumbuhan itu perlu prasarana utama, jaringan telekomunikasi modern yang diharapkan a

Baca juga: Transformasi Digital Bidang Pendidikan Dinilai Perlu Terus Dikembangkan dan Didukung

kan menghadirkan unduh dan unggah yang makin cepat sejalan berkembangnya teknologinya.

Namun di sisi lain, operator telko perlu gerak cepat dalam melayani masyarakat, karena kemampuan mereka digerogoti OTT (over the top), yang menggunakan prasarana operator dalam menjual jasanya.

Dari ekosistem digital industri telekomunikasi yang melibatkan OTT, sistem pembayaran, pencipta konten hingga pengembang, operator telko paling minim keuntungannya, OTT nyaris mengambil semua.

Penyedia konektivitas lalu lintas data itu belum mampu mengembalikan pendapatan yang hilang dari sektor suara (voice) dan pesan singkat (SMS) berupa telefoni dan emoticon yang sebelumnya kontributor pendapatan terbesar.

Pola berkomunikasi yang beralih ke messenger berupa panggilan suara dan video merontokkan berbagai bisnis operator telko dan mereka hampir tak mungkin lagi bertahan dengan skema usang, banting-bantingan tarif. Harus dicari cara meningkatkan ARPU (average revenue per user – pendapatan rata-rata dari tiap pengguna) dengan mengembangkan layanan digital.

Halaman
123

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved