Tribunners / Citizen Journalism

Timnas Indonesia

Polemik JIS Tak Layak FIFA Matchday, Dari JIS Semestinya Era Baru Sepakbola Indonesia Bermula

Jika stadion seperti JIS disebut hanya cocok di kota-kota besar seperti Madrid, London, atau Milan–yang punya stadion besar nan megah, tentulah keliru

AFP/ADEK BERRY
Foto udara memperlihatkan Jakarta International Stadium (JIS) yang baru selesai dibangun untuk menggelar pertandingan sepak bola dan konser musik, di Jakarta Utara, Minggu (17/4/2022). Belakangan, PSSI menilai stadion JIS belum memenuhi kelayakan yang diperlukan guna menggelar laga FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Timnas Curacao. 

Dari JIS Semestinya Era Baru Sepak Bola Indonesia Bermula

Oleh Beni Kusuma

Urban Explorer

KEPUTUSAN Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) membatalkan pertandingan persahabatan antara timnas Indonesia melawan tim nasional Curacao, negeri di kawasan Karibia, Amerika Tengah, di Jakarta International Stadium (JIS), menimbulkan kontroversi di tengah masyarakat pecinta sepakbola.

Satu sebabnya karena PSSI menyebut stadion yang berkapasitas 82 ribu penonton itu tidak memenuhi standar yang ditetapkan Badan Sepak Bola Dunia atau FIFA.

Terlebih saat PSSI berniat menentukan Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat sebagai satu di antara opsi venue pengganti laga yang semula akan digelar di JIS pada 27 September mendatang itu.

Baca juga: Polemik JIS Dianggap Tak Layak FIFA Matchday, Kaesang Lempar Kelakar: Ganti Nama, Auto Standar FIFA

Baca juga: Singgung JIS Ada di Tengah Pemukiman Padat Penduduk, Sekjen PSSI: Kami Siap Renov Stadion Pakansari

Mereka, para penggemar sepak bola, pun mempertanyakan keputusan tersebut.

Bukan apa-apa. Siapa pun tahu kondisi stadion itu. Saat turun hujan lebat misalnya, kondisi lapangan di stadion itu , kata netizen: berubah layaknya pertandingan di sawah.

Gambar atau video soal itu berseliweran di media sosial.

“Mungkin ini yang dimaksud PSSI dengan sesuai standar FIFA,” sindir seorang netizen di Twitter, beberapa hari lalu.

Baca juga: Lebih Dipilih PSSI Ketimbang JIS, Begini Kondisi Stadion Pakansari Saat Diguyur Hujan Lebat

Stadion Pakansari tergenang air akibat diguyur hujan lebat dalam laga Rans Nusantara FC vs Persik Kediri (10/9/2022).
Stadion Pakansari tergenang air akibat diguyur hujan lebat dalam laga Rans Nusantara FC vs Persik Kediri (10/9/2022). (BolaNas.com)
Halaman
1234

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved