Mobil Buatan Siswa SMK

Prototipe Kiat Esemka Seharga Rp 350 Juta

untuk membuat prototipe mobil Kiat Esemka dibutuhkan dana sekitar Rp 350 juta untuk 1 unit mobi

Prototipe Kiat Esemka Seharga Rp 350 Juta

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ade Rizal

TRIBUNNEWS.COM, SOLO - Pemilik perusahaan perakitan mobil Kiat Motor, H Sukiyat menyatakan, untuk membuat prototipe mobil Kiat Esemka dibutuhkan dana sekitar Rp 350 juta untuk 1 unit mobil. Mobil prototipe itu telah dipinjampakaikan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk digunakan sebagai mobil dinas wali kota. "Kalau prototipe memang mahal, tapi kalau sudah bisa diproduksi massal akan sangat murah," katanya saat serah terima mobil Kiat Esemka di Balai Kota Solo, Senin (02/01/2012).

Sukiyat menjelaskan, apabila sudah bisa diproduksi secara masal harga jual dipasaran akan bisa ditekan hingga Rp 95 juta per unit. "Kalau ini sudah bisa diproduksi secara massal harganya hanya Rp 95 juta," jelasnya. Harga tersebut tentu tergolong murah untuk mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) berkapasitas 1500 cc.

Wali Kota Solo, Joko Widodo mengatakan, sebagai awalan, mobil tersebut baru akan digunakan sebagai mobil dinas wali kota dan wakil wali kota terlebih dahulu. Namun, dirinya tidak menutup kemungkinan mobil lokal tersebut akan diproduksi secara massal. "Kalau izin sudh komplit, bisa jadi industri. Komponennya dibuat industri rumahan, dirakitnya di pabrik oleh anak-anak SMK," lanjutnya.

Mobil Kiat Esemka merupakan mobil lokal hasil karya anak-anak SMK di Solo yang bekerjasama dengan perusahaan perakitan mobil, Kiat Motor di Kabupaten Klaten. Kepala Sekolah SMK 2, Susanta menjelaskan, diperlukan waktu sekitar 2 bulan untuk merakit mobil-mobil itu. "Siswa kami yang merakit dengan dukungan dari Kiat Motor yang menyediakan tempat dan peralatannya," katanya.

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved