Anjing Polisi Jepang Berhasil Temukan Senjata Api Bos Yakuza

Polisi dengan bantuan anjing polisi hibrida yang khusus dikerahkan membantu melwan kejahatan yakuza Jepang

Anjing Polisi Jepang Berhasil Temukan Senjata Api Bos Yakuza
Richard Susilo
Anjing Polisi Jepang Labrador, bernama Illumina Go dari satuan K-9 pasukan khusus anjing Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Divisi IV anti kejahatan terorganisir mafia Jepang (yakuza) kepolisian Metropolitan Tokyo minggu lalu menangkap bos Inagawakai, Hajime Okazaki (50) yang menyembunyikan pistol, ternyata ketahuan anjing pelacak polkisi tim satuan khusus K-9 dan tersangka langsung ditangkap.

"Polisi dengan bantuan anjing polisi hibrida yang khusus dikerahkan membantu melawan kejahatan yakuza Jepang berhasil mengendus menemukan senjata api bos yakuza tersebut di rumahnya," papar sumber Tribunnews.com Senin ini (4/12/2017).

Pada tanggal 29 November, anjing polisi jenis Labrador bernama Illumina Go menemukan pistol itu, dibungkus handuk mandi, di belakang pintu rahasia yang menutupi ruang berukir di dalam sebuah pilar kantor Inagawa-kai di Chuo-ku, Yokohama.

Polisi kemudian menangkap Hajime Okazaki, seorang anggota tingkat atas geng karena dicurigai melanggar Undang-undang Penguasaan Pedang dan Senjata Api.

"Saya melakukan pekerjaan konstruksi sendiri untuk menyembunyikan pistol tersebut," kata gangster tersebut kepada polisi karena mengakui tuduhan tersebut.

Kantor tersebut diperiksa setelah polisi menerima informasi tentang aktivitas yang berkaitan dengan obat-obatan terlarang.

Illumina Go dilatih untuk menemukan obat-obatan terlarang maupun senjata api.

Awal tahun ini, Illumina Go juga menemukan sebuah pistol kaliber 32 dan lima peluru amunisi yang tersembunyi di bawah papan lantai tempat tinggal gangster yang berbeda di Kota Sakado, perfektur Saitama.

Illumina Go juga sempat membantu menemukan korban bencana alam banjir tahun 2014 di Hiroshima dan berhasil menemukan beberapa mayat yang terhanyut akibat hujan sangat lebat dan banjir sehingga sempat merusak dan menghanyutkan banyak rumah di sana.

Anjing pelacak khusus ini kelahiran tanggal 21 Maret 2008 dan mulai dilatih khusus sebagai anjing pelacak sejak 24 Januari 2009.

Karya anjing ini sudah pernah diterjunkan di 85 lokasi dan memiliki spesialisasi mengendus narkoba, senjata api dan menjejaki adanya mayat di reruntuhan lokasi bencana alam.

Satu karakter anjing wanita ini adalah sangat pemalu sekali dan selalu dekat-dekat dengan pelatihnya karena rasa malunya ingin berlindung selalu di balik pelatihnya. Lucu memang.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help