Robot Asimo Jepang Semakin Viral Setelah Ditayangkan di Instagram

Asimo didukung oleh baterai lithium-ion 51,8 V yang dapat diisi ulang dengan waktu operasi satu jam.

Robot Asimo Jepang Semakin Viral Setelah Ditayangkan di Instagram
Richard Susilo
Robot Asimo dari Honda saat penampilan siang ini (8/1/2018) di kantor pusat Honda. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Robot Asimo buatan Honda yang muncul sejak tahun 1980-an kini semakin viral di instagram @bahasajepang karena tampak pemulihan kecepatan larinya.

"Wah baru tahu saya Asimo bisa lari 7 kilometer per jam cukup cepat juga," ungkap Rikako Sugamo seorang penonton acara Asimo siang ini di kantor pusat Honda khusus kepada Trivbunnews.com Senin ini (8/1/2018).

Langsung saja gerakan Asimo direkamnya pakai video dan di upload ke instagramnya https://www.instagram.com/bahasajepang/ yang dalam waktu beberapa menit sudah 140 kali penonton mengaksesnya.

Instagram tersebut terkait penyajian berbagai informasi terbaru mengenai Jepang dalam bentuk gambar yang kini sudah diikuti hampir 1600 penggemarnya dan diperkirakan akan terus bertambah dalam waktu dekat ini.

Asimo, android manusia robot tersebut namanya berasal dari bahasa Inggris inisial atau kata-kata Langkah Lanjutan dalam Mobilitas Inovatif adalah dibuat oleh Honda pada tahun 2000. Saat ini dipajang di museum Miraikan di Tokyo. Namun tadi sempat diperagakan pembaharuannya bisa lari kencang serta menari dan menyanyi dengan baik.

Pengembangan dimulai di Pusat Penelitian Teknis Teknis Wako di Jepang pada tahun 1999 dan Asimo diresmikan pada bulan Oktober 2000.

ASIMO berdiri setinggi 130 cm (4 kaki 3 inci) dan beratnya 54 kg (119 lb). Penelitian yang dilakukan oleh Honda menemukan bahwa ketinggian ideal untuk robot asisten mobilitas adalah antara 120 cm dan tinggi rata-rata orang dewasa, yang kondusif untuk mengoperasikan kenop pintu dan sakelar lampu.

Asimo didukung oleh baterai lithium-ion 51,8 V yang dapat diisi ulang dengan waktu operasi satu jam. Beralih dari hidrida logam nikel pada tahun 2004 meningkatkan jumlah waktu yang dapat dioperasikan ASIMO sebelum diisi kembali.

Robot ini memiliki prosesor komputer tiga dimensi yang diciptakan oleh Honda dan terdiri dari tiga biner bertumpuk, prosesor, konverter sinyal dan memori.

Halaman
123
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help