Mulai Juli 2019, Perpanjangan Visa Asing di Jepang Bisa Dilakukan Lewat Internet

Perpanjangan visa untuk orang asing di Jepang dapat dilakukan lewat internet mulai Juli 2019.

Mulai Juli 2019, Perpanjangan Visa Asing di Jepang Bisa Dilakukan Lewat Internet
Istimewa
Menteri Kehakiman Jepang, Takashi Yamashita 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Perpanjangan visa untuk orang asing di Jepang dapat dilakukan lewat internet mulai Juli 2019.

Hal ini berlaku untuk visa pelajar (yang sudah ada di Jepang) yang berkelanjutan ke perguruan tinggi dan sebagainya.

"Dengan perpanjangan di dalam negeri Jepang dan semakin mudah lewat internet artinya orang asing akan semakin panjang bisa tinggal di Jepang," ungkap sumber Tribunnews.com, Kamis (28/3/2019).

Menteri Kehakiman Jepang, Takashi Yamashita kemarin mengumumkan hal itu kepada pers.

"Karena saat ini banyak sekali orang asing, antrean panjang sangat lama , nantinya bisa diantisipasi dengan aplikasi lewat internet komputer bulan Juli mendatang," kata Menteri Takashi Yamashita.

Upaya tersebut menurutnya juga sebagai antisipasi semakin banyaknya orang asing masuk ke Jepang lewat program Tokutei Ginou (TG) mulai 1 April 2019 sebanyak kira-kira 350.000 tenaga kerja asing dari sembilan negara termasuk dari Indonesia.

Target kali ini untuk perpanjangan visa lewat internet adalah pelajar asing yang ada di Jepang baik yang sekolah bahasa Jepang maupun peneliti asing yang ada di Jepang.

Baca: Mobil Land Cruiser Paling Banyak Dicuri di Jepang

"Saya ingin sekali warga asing tinggal di Jepang dengan nyaman. Sebaliknya diharapkan juga mereka dapat mematuhi semua peraturan yang ada di Jepang, bertanya kepada pimpinannya kalau tidak mengerti," kata tambah Takashi Yamashita.

Beberapa waktu lalu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe juga berharap serupa kepada warga asing.

Shinzo Abe menekankan kepada para pimpinan di Jepang agar memberikan bantuan penjelasan sebaik mungkin agar warga asing dapat semakin mengerti apa yang boleh apa dan tidak boleh dilakukan.

Serta berbagai hal lain termasuk budaya Jepang agar semakin dimengerti orang asing supaya bisa hidup nyaman berdampingan dengan baik bersama warga setempat.

Bagi yang berminat kerja ke Jepang dapat diskusi lebih lanjut lewat facebook (https://www.facebook.com/groups/kerjadijepang/) gratis dengan admin Andari Nara yang sangat ketat menjaga dengan baik diskusi dan postingan.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved