Kisah Putri yang Sembuh Dari HIV dan Melahirkan Anak Sehat Tanpa Virus

Putri Cherry (33) dinyatakan terinfeksi HIV dan berhasil "sembuh". Virus tersebut tak menular pada anak yang dilahirkannya.

Kisah Putri yang Sembuh Dari HIV dan Melahirkan Anak Sehat Tanpa Virus
Womensenews
Wanita penderita AIDS.

TRIBUNNEWS.COM - Menjalani kehidupan yang tidak "neko-neko", Putri Cherry (33) begitu terkejut saat harus dinyatakan terinfeksi HIV. Namun dengan kegigihannya, Putri berhasil "sembuh" dari virus tersebut dan kini tengah mengandung anak ketiganya.

Perempuan cantik berkerudung ini menuturkan, awalnya dia pergi ke dokter dengan alasan sakit tenggorokan yang tidak kunjung sembuh. Dalam kunjungan tersebut, ternyata dokter menyarankannya untuk melakukan tes HIV.

"Saat itu saya kaget, tapi saya jalani saja, ternyata hasilnya positif. Meskipun CD4 saya saat itu masih terbilang tinggi yaitu sekitar 500," ujar Putri saat ditemui di pelatihan media seputar HIV dan AIDS di Tempat Kerja oleh Indonesian Business Coalition on AIDS (IBCA) di Jakarta.

CD4 merupakan istilah untuk sel darah putih limfosit dalam tubuh. CD4 menandakan ukuran daya tahan tubuh seseorang yang menjadi sasaran HIV. Pada umumnya, kadar CD4 berkisar di atas 600.  

Putri mengaku, karena CD4-nya masih terbilang tinggi, saat terdiagnosa positif, dirinya belum menjalani pengobatan antiretroviral (ARV) untuk menekan jumlah virus dalam tubuhnya. Diketahui, umumnya odha wajib menjalani pengobatan ARV jika CD4-nya sudah di bawah 350.

Belakangan Putri tahu dia terinfeksi dari suaminya saat itu. Namun dia mengaku tetap berpikir positif, meski fakta dirinya adalah odha awalnya menjadi guncangan yang besar bagi perempuan berdomisili di Jakarta ini. Putri sempat menutup diri dari dunia luar.

Ditambah lagi tak lama setelahnya, sang suami harus lebih dulu meninggalkannya. "Setelah suami saya meninggal, saya jadi merasa sendiri. Berjuang sendirian rasanya tambah berat," ujarnya.  

Beruntung, dia memiliki seorang ibu yang berhasil meyakinkannya untuk kembali menjalani hidup. Putri menceritakan, betapa sang ibu percaya kemampuan anaknya yang cantik dan muda. Putri pun kembali yakin, dia bisa melanjutkan perjuangan.

Stigma dan diskriminasi

Setelah memutuskan untuk kembali berjuang, Putri bukannya tidak menghadapi tantangan. Kembalinya Putri untuk bekerja sebagai resepsionis di sebuah hotel di Bandung pun tidak semulus yang dia duga sebelumnya.

Halaman
123
Tags
HIV
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved