Apa Dampaknya Kalau Terlalu Banyak Minum Air Kelapa?

Air kelapa pun dipercaya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan beberapa keluhan penyakit. Tapi ada efek negatifnya.

Apa Dampaknya Kalau Terlalu Banyak Minum Air Kelapa?
net

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin

TRIBUNNEWS.COM - Siapa yang tidak mengenal segudang manfaat air kelapa. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan baku minuman segar, air kelapa pun dipercaya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan beberapa keluhan penyakit misalnya alergi, demam berdarah, diare, panas dalam, membersihkan kulit yang berjerawat dan membantu mendapatkan kulit mulus, dan lain-lain.

Beberapa produsen minuman isotonik pun mengeluarkan produk-produk minuman isotonik berbahan baku air kelapa. Hal ini dikarenakan air kelapa banyak mengandung mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh saat kehilangan cairan.

Benarkah demikian? Lantas, apakah air kelapa yang dikonsumsi terlampau banyak memiliki efek samping yang tidak baik bagi tubuh kita? Apa sajakah efek samping air kelapa? Ini penjelasan medis dari Dokter Umum Klinik Keluarga Antasari Bandar Lampung, Dr. Yoshika Kurniasari.

Efek Negatif Air Kelapa

1. Air kelapa yang mengandung mineral dan vitamin baik untuk dikonsumsi setelah kita melakukan aktifitas yang melelahkan dan memeras keringat. Ternyata, minum air kelapa saja tidak cukup. Ketika mengeluarkan keringat, tubuh kita akan mengalami kekurangan sodium.

Sedangkan kadar sodium dalam air kelapa tidaklah mencukupi untuk mengganti kekurangan sodium di tubuh kita. Konsumsi air mineral tetap disarankan.

2. Air kelapa merupakan minuman yang rendah lemak. Namun jangan menjadikan air kelapa sebagai obat penurun berat badan atau obat diet alami. Karena konsumsi air kelapa yang berlebihan kemungkinan dapat menyebabkan diare.

Bagi orang yang mengalami sembelit, air kelapa memiliki manfaat yang besar karena membantu melancarkan pencernaan yang terganggu.

3. Walaupun asam amino yang terkandung dalam air kelapa lebih tinggi daripada kandungan asam amino dalam susu sapi, tidak berarti kita berhenti minum susu dan menggantinya dengan air kelapa. Karena susu mengandung vitamin dan mineral yang lebih lengkap daripada air kelapa.

Halaman
12
Tags
air kelapa
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help