Pemilihan Gubernur DKI

KPUD: Jokowi-Basuki Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Terpilih

DKI Jakarta segera memiliki gubernur yang baru. Pasangan Joko Widodo-Basuki T. Purnama ditetapkan KPU Provinsi DKI Jakarta memenuhi syarat sesuai

KPUD: Jokowi-Basuki Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Terpilih
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Pendukung calon gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahja Purnama, berfoto di depan baliho di markas Posko Perjuangan Rakyat (Pospera), Jakarta Pusat, Rabu (26/9/2012). Pospera memasangan baliho raksasa di depan markasnya sebagai ungkapan kegembiraan atas kemenangan Jokowi-Basuki pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta. TRIBUNNEWS/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - DKI Jakarta segera memiliki gubernur yang baru. Pasangan Joko Widodo-Basuki T. Purnama ditetapkan KPU Provinsi DKI Jakarta memenuhi syarat sesuai dengan UU No 29 Tahun 2007 Tentang Provinsi DKI Jakarta sebagai ibu kota negara.

"Di putaran kedua ini kita telah menemukan pasangan calon yang memenuhi suara sah lebih dari 50 persen di tambah satu," ujar Dahlia Umar, ketua KPU Provinsi DKI Jakarta saat membacakan penetapan gubernur DKI terpilih.

Selanjutnya, SK (surat keputusan) tersebut akan diserahkan ke masing-masing pasangan calon untuk dipergunakan apa bila ada yang masih menjabat sebagai kepala daerah.

"Apabila yang bersangkutan menjabat sebagai kepala daerah tentu saja harus mengundurkan diri dan itu harus disetujui DPRD yang bersangkutan," lanjut Dahlia.

Dalam surat keputusan nomor 32.kpts.KPU Provinsi DKI Jakarta tentang Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Jokowi-Basuki mengumpulkan 2.472.130 atau (53,82 persen). Sementara pasangan Fauzi-Nachrowi memperoleh  2.120.815 (46,18 persen).

Jokowi sendiri bertandang ke KPU DKI untuk mengambil SK penetapan tersebut. Dikatakan Jokowi, DPRD Solo sudah mendesak agar segera memberikan nomor surat penetapan sekaligus surat pengunduran diri sebagai walikota Solo.

Klik:

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Johnson Simanjuntak
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved