Ahok Geram "Tipping Fee" Sampah di Bantar Gebang Naik

Pria yang, akrab disapa Ahok mengatakan, setiap tahunnya biaya pembuangan sampah yang harus dibayarkan selalu naik.

Ahok Geram
Kompas.com
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjawab pertanyaan awak media menanggapi soal pemberian mandat kepada Gubenur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) sebagai capres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), di kantornya, Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (14/3/2014). 

Laporan wartawan Warta Kota, Bintang Pradewo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, lokasi penampungan pengolahan sampah di Jakarta merupakan milik Pemprov DKI. Sehingga, pengelolaan sampah tidak perlu ada kenaikan tipping fee.

Pria yang, akrab disapa Ahok mengatakan, setiap tahunnya biaya pembuangan sampah yang harus dibayarkan selalu naik. Dan awalnya membayar Rp114 ribu per ton sampah, hingga tahun ini sudah naik menjadi Rp123 ribu per ton.

"Jadi mau berapa lagi dinaikkan? Padahal logikanya, ini tanah saya, bukan tanah dia. Kan lucu jadinya. Terus minta dinaikin lagi," kata Ahok di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Soal standarisasi truk pengangkut sampah, kata Ahok, sudah dilakukan dengan menggunakan truk yang tertutup sehingga bau tak tersebar dan air kid sampah tak mengotori jalan.

"Saat ini kami upayakan truk sampah dengan standar ramah lingkungan. Jadi kami butuh waktu untuk meremajakan ratusan truk pengangkut sampah yang sudah tua dan tak layak jalan," katanya.

Ahok menduga kebijakan pengelolaan pengangkutan sampah di Jakarta tidak lagi menggunakan pihak swasta, melainkan swa kelola sendiri yaitu ditangani Dinas Kebersihan DKI.

"Saya mulai curiga, kenapa ributnya baru sekarang. Sekarang enggak bisa lagi ada uang masuk karena swasta tidak menangani jasa pengangkutan sampah. Jadi mereka ngunci kita di TPST Bantargebang. Ini konyol banget," kata Ahok.

Editor: Rendy Sadikin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved